Selasa, 19 Maret 2024

Libur, Warga Pilih Rekam E-KTP

Berita Terkait

batampos.co.id – Hari libur dimanfaatkan warga untuk melakukan perekaman di Kantor Kecamatan Sekupang, Rabu (3/4/2019). Meskipun libur pelayanan percepatan e-KTP tetap buka hingga 17 April mendatang.

Kepala Seksi (Kasi) Pelayanan Kantor Kecamatan Sekupang, Ripso mengatakan pelayanan buka dari pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB. Meskipun hujan cukup deras sejak pagi tidak membuat keinginan warga untuk merekam e-KTP.

“Mungkin karena mereka libur jadi baru ada waktu untuk merekam meskipun jumlahnya tak sebanyak hari biasa,” kata dia di sela-sela proses perekaman e-KTP.

Ia menyebutkan untuk pegawai yang ditugaskan saat libur sudah diatur jadwalnya. Setiap hari ada lima pegawai melayani perekaman e-KTP. Lanjutnya pelayanan berjalan seperti biasa, warga datang membawa perlengkapan yang dibutuhkan untuk mengajukan perekaman.

“Kalau pengajuan e-KTP baru tentu mereka harus membawa bukti surat pindah dari Disdukcapil setelah itu baru diproses. Namun jika pergantian bawa e-KTP yang lama,” terangnya.

Putri salah seorang warga yang baru saja usai melakukan perekaman mengatakan baru memilki waktu karena kesibukan pekerjaan. Menurutnya proses perekaman berjalan cepat karena tidak ada antrean saat dia mendatangi kantor kecamatan.

“Kemarin dapat informasi dari teman soal pelayanan di hari libur. Ya pastinya senang karena saya kerja di Muka Kuning jadi baru ada waktu saat ini,” ungkap Putri.

Ia berharap e-KTP miliknya bisa segera diterbitkan. Karena banyak pengurusan yang membutuhkan e-KTP. “Kalau saya maunya secepatnya. Resi pengambilan juga sudah ada. Nanti mereka juga akan kirimkan pesan kalau e-KTPnya sudah jadi,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Batam, Said Khaidar mengatakan pelayanan ini merupakan langkah dalam percepatan bagi warga yang belum merekam.

“Libur tetap buka. Jadi warga yang tak sempat datang di hari kerja silahkan datang saat libur kerja karena kami tetap buka pelayanan,” ujarnya.

Ia berharap semakin banyak warga yang merekam sehingga seluruh warga yang ada di Batam tedaftar dan memiliki e-KTP. “Blangko datang langsung kami cetak sesuai dengan tanggal pengajuan warga,” lanjutnya. (yui)

Update