Jumat, 26 April 2024

6 Khasiat Minuman Jintan

Berita Terkait

batampos.co.id – Jintan atau jinten adalah salah satu jenis rempah-rempah yang sering dipakai untuk bumbu dapur. Biasanya jintan digunakan sebagai campuran masakan berkuah atau ungkep.

Dilansir dari Times of India, Kamis (4/4), studi menunjukkan bahwa konsumsi jintan secara teratur memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Dalam resep herbal, ternyata jintan bisa dibuat sebagai minuman atau ramuan obat yang berkhasiat untuk tubuh.

Caranya dengan merendam biji jintan sebanyak 2 sendok di dalam air selama 5-6 jam atau semalaman. Kemudian, rebus bijinya di pagi hari dan saring minumannya. Lalu, tambahkan jus lemon ke dalamnya dan minum dengan perut kosong selama 2 minggu.

Cara lainnya, rebus satu cangkir air dan tambahkan bubuk jintan ke dalamnya. Anda juga bisa menambahkan sedikit garam untuk membuat minuman terasa lebih enak. Minumlah setelah makan setiap hari selama 20 hari.

Tingkatkan Pencernaan
Jintan dapat membantu pencernaan dengan meningkatkan aktivitas enzim pencernaan di usus.

Kaya Zat Besi
Biji jintan kaya akan zat besi dan satu sendok teh jintan dapat mengandung sekitar 1,4 mg zat besi.

Kontrol Gula Darah
Jintan dapat membantu dalam mengelola diabetes.

Turunkan Kolesterol
Jintan dapat digunakan untuk menghilangkan kolesterol jahat dari tubuh.

Anti Peradangan
Mengonsumsi biji jintan hitam dapat membantu mengurangi peradangan di tubuh.

Turunkan Berat Badan
Terakhir, biji jintan bermanfaat untuk mengurangi lemak dan menurunkan berat badan. Anda dapat menghilangkan lemak perut dalam 15-20 hari dengan minum air jintan setiap hari. (JPG)

Update