batampos.co.id – Lokasi bursa kerja aula Multi Purpose Hall (MPH) Batamindo kembali diserbu ratusan pencaker sejak pagi tadi, Senin (8/4/2019).

Hingga pukul 11.00 WIB mereka masih bertahan di sana padahal tak ada satupun lowongan kerja yang menempel di papan informasi lowongan kerja.

Penantian yang tak pasti ini sudah menjadi rutinitas harian para pencaker tersebut sebab informasi lowongan kerja sangat minim di luar kawasan bursa kerja itu. Mereka nekad ngetem berjam-jam di aula MPH hanya untuk informasi lowongan kerja.

“Kalau duduk di rumah tak akan tahu dimana ada lowongan. Makanya hampir setiap hari ke sini (untuk dapat info loker),” ujar Serlina, seorang pencaker yang datang bersama kawan-kawannya yang lain.

Menurur Serlina, meskipun peluang untuk diterima sebagai pekerja sangat minum karena krisis lowongan, namun nongkrong di kawasan bursa kerja itu setidaknya ada harapan baginya untuk dapatkan info loker.

“Lagian disini banyak kawan bisa curhat sambil cari info loker. Memang agak jarang tapi inilah satu-satunya tempat bagi kami yang nganggur ini untuk beradu nasib,” ujar gadis yang mengaku tinggal di Batuaji itu.

Informasi loker di kawasan MPH sangat minim sejak awal tahun lalu. Jikapun ada paling satu atau dua perusahaan yang buka lowongan demgan pekerja yang direkrut dibawa 50 orang. Ini menyulitkan pencaker sebab jumlah lowongan kerja tak sebanding dengan jumlah mereka yang beradu masib ke kawasan bursa kerja tersebut.

Agus, seorang petugas keamanan dikawasan MPH menuturkan, setiap hari ada ribuan pencaker yang silih berganti mencari informasi di lokasi MPH itu. Meskipun tak ada lowongan kerja mereka tetap datang untuk berjaga-jaga jika ada perusahaan yang membuka lowongan. “Hampir seminggu ini tak ada loker tapi tetap datang mereka. Memang seperti ini hari-hari di sini,” ujar Agus. (eja)