batampos.co.id – Kecamatan Batam Kota dan Batuaji berhasil meraih poin sempurna dalam laga hari pertama Gala Siswa Indonesia (GSI) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kota Batam 2019 yang digelar di Stadion Gelora Citramas, Kabil, Nongsa, Senin (8/4).

Dalam laga pembukan tersebut, Batam Kota membungkam perlawanan Nongsa dengan skor 4-1. Sedangkan Kecamatan Batuaji mengalahkan Batuampar dengan skor tipis 1-0. Kemenangan ini membawa kedua tim menduduki puncak klasemen sementara dengan poin maksimal tiga.

”Ini adalah penyelenggaraan tahun kedua GSI Kota Batam. Diikuti sebanyak 10 kecamatan se-Batam. Yakni, Kecamatan Nongsa, Batam Kota, Lubukbaja, Batuaji, Batuampar, Galang, Sekupang Bengkong, Seibeduk, dan Sagulung,” terang panitia pelaksana GSI 2019 Kota Batam Sularno kemarin.


Peserta GSI 2019 Kota Batam yang akan berlangsung hingga Jumat (12/4) ini, dibagi menjadi empat grup. Grup A diisi oleh Kecamatan Nongsa, Batam Kota, dan Lubukbaja. Sedang Grup B diisi oleh Kecamatan Batuaji, Batuampar, dan Galang. Lalu, Grup C dan Grup D diisi masing-masing dua kecamatan. Di Grup C diisi Kecamatan Galang dan Sekupang, sedangkan Grup D diisi Kecamatan Seibeduk dan Sagulung.

”Nanti hanya juara grup yang berhak melaju ke babak semifinal. Babak semifinal sendiri rencananya akan dilaksanakan Kamis (11/4) dan final akan digelar keesokan harinya, Jumat (12/4),” beber Sularno.

GSI 2019 Kota Batam ini kejuaraan rutin yang digelar setiap tahunnya, dan diperuntukkan bagi pelajar SMP.

”Pemenang di tingkat kota akan dikirim untuk berlaga di tingkat provinsi yang digelar Agustus mendatang,” ujar Sularno.

Dari tingkat provinsi, pemenangnya akan dikirim untuk berlaga di tingkat nasional yang akan dilaksanakan Oktober.

Sularno juga mengungkapkan di gelaran kejuaraan ini dimaksudkan untuk mencari bibit-bibit olahraga, khususnya dari cabang sepak bola.

”Ini juga menjadi ajang seleksi tim sepak bola pelajar Kota Batam yang akan dikirim berlaga dalam kejuaraan tingkat pelajar lainnya,” tuturnya.

Selain itu, lanjutnya, kejuaraan ini juga menjadi ajang pengembangan potensi pelajar dalam sepak bola dan bisa memunculkan bibit pesepak bola andal ke depan.

Satu tim dalam kejuaraan ini diisi sebanyak 18 siswa ditambah dengan satu pelatih dan tiga ofisial. ”Total ada 180 pelajar SMP yang mengikuti kejuaraan ini,” serunya.
Dalam pelaksanaan tahun sebelumnya, Kota Batam menjadi wakil Provinsi Kepri untuk berlaga di tingkat nasional.

”Semoga di penyelenggaraan tahun ini Kota Batam kembali berhasil melaju ke putaran nasional,” harap Sularno.

Sementara itu, untuk jadwal pertandingan hari ini, Selasa (9/4) akan dilangsungkan sebanyak tiga pertandingan, masih babak penyisihan. Yaitu Kecamatan Sekupang melawan Bengkong, Lubukbaja akan menghadapi anak-anak Nongsa, sedangkan Galang akan bersua Batuaji. (yan)

Loading...