Rabu, 24 April 2024

UNBK SMP Gunakan Laptop Pinjaman

Berita Terkait

batampos.co.id – Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat, akan dilaksanakan mulai 22-25 Apri mendatang. Sebagian besar sekolah sudah melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Hanya saja, belum semua fasilitas komputer mencukupi, sehingga sejumlah sekolah terpaksa masih harus meminjam laptop milik orangtua siswa.

Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam Andi Agung menyebutkan, tahun ini sebanyak 16.901 siswa akan mengikuti UN. Sejauh ini, kata dia, persiapannya sudah berjalan 90 persen. Namun, khusus untuk UNBK, sejumlah sekolah masih meminjam lapto dari orangtua siswa karena keterbatasan komputer.

”Jadi, masalahnya masih sama dengan tahun sebelumnya. Karena jumlah peserta lebih banyak, sedang-kan alatnya (komputer, red) masih kurang,” kata dia, Senin (8/4).

Terkait listrik yang sering padam belakangan ini, Andi mengungkapkan sudah menyurati bright PLN Batam agar menjaga kelancaran selama ujian berlangsung. Ia berharap tidak ada gangguan listrik hingga ujian selesai.

”Ya, ujian kan sampai sore. Ada tiga sif. Jadi, kami mohon jangan sampai terganggu ujian nanti (karena listrik padam, red). Kasihan juga peserta ujiannya,” ujarnya.

Mengenai genset, Andi mengakui tidak semua sekolah memiliki peralatan cadangan tersebut. Untuk itu, ia berharap PLN bisa membantu kelancaran ujian. ”Mudah-mudahan tidak ada kendala nantinya,” lanjutnya.

Tahun ini, sambungnya, Disdik Batam menargetkan bisa meraih peringkat tertinggi dengan hasil yang memuaskan di Kepri. Meskipun sudah menjadi langganan peringkat satu, ia meminta siswa tetap serius dalam mengerjakan materi ujian. Berdasarkan data Disdik Batam, pelaksanaan UNBK akan diikuti 105 sekolah dan UNKP 70 sekolah.

Ketua Panitia UNBK SMPN 3 Batam Sri Rahayu menyebutkan ada 432 siswa yang ikut UNBK tahun ini. Sama dengan tahun sebelumnya, pihak sekolah masih meminjam laptop milik orangtua siswa. ”Komputer sekolah ada 50. Nanti ujian akan digelar dalam tiga sesi,” sebutnya.

Mengenai target sekolah, perempuan yang akrab disapa Yayuk ini mengaku beberapa siswanya memiliki nilai tertinggi saat ujian persiapan UN. ”Tahun lalu siswa kami terbaik, tentunya sekarang juga diharapkan begitu,” tutupnya. (yui)

Update