Kamis, 25 April 2024

Ada Warga Binaan yang belum Tahu Surat Suara

Berita Terkait

Ria Dwi Latifa

batampos.co.id – Minimnya sosialisasi yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum membuat warga binaan (WB) di Lembaga Permasyarakatan Provinsi Kepri belum mengetahui jenis surat suara untuk Presiden, Wakil Presiden serta para calon legislatif di tingkat nasional dan daerah.

Anggota Komisi II DPR RI, Dwi Ria Latifa mengatakan saat ikut mensosialisasikan Pemilu di Lapas Klas II Barelang, Kota Batam mayoritas warga binaan tidak mengetahui jenis-jenis surat suara.

“Ini menjadi catatan kami di Komisi II karena bukan hanya di sini saja tapi hampir di seluruh wilayah di Indonesia,” katanya, Selasa (9/4/2019).

Politisi PDI Perjuangan itu meminta agar KPU lebih intens untuk melakukan sosialisasi di Lapas, karena warga binaan masih sangat buta dengan surat suara.

Tidak hanya itu, Dwi Ria Latifa menyatakan masih ada warga binaa yang belum masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT).

“Di Provinsi Kepri saja kemarin saya dapat data ada 39 ribu lebih warga binaan yang belum masuk DPT,” paaprnya.

Komisioner Bidang Teknis KPU Kota Batam, Zaki Setiawan mengatakan pada Kamis (4/4) KPU Kota Batam sudah melakukan sosialisasi ke Lapas Barelang.

Dalam sosialisai tersebut lanjutnya yang menjadi narasumber langsung adalah Ketua KPU Kota Batam.

“Diantara materi sosialisasi tersebut salah satunya adalah mengenai warna dan jenis surat suara,” ujarnya.

Pihaknya berharap dari sosialisasi-sosialisasi tersebut dapat memberikan pemahaman kepada warga binaan terkait warna dan jenis surat suara serta cara mencoblos.

Menurutnya, dengan begitu dapat mendorong warga binaan untuk menggunakan hak pilihnya di pemungutan suara pada 17 April mendatang.

Kepala Lembaga Permasyarakatan Klas IIA Barelang, Surianto, mengatakan seluruh warga binaan di tempatnya bertugas sudah masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Di sini ada sekitar 1.181 dan semuanya dinyatakan sudah memiliki hak pilih,” ujarnya.(*)

Update