Selasa, 23 April 2024

Jamin Stok Bahan Pangan Aman saat Ramadan

Berita Terkait

batampos.co.id – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Batam menjamin ketersediaan pasokan bahan pangan menjelang maupun selama Ramadan. Jaminan itu didasarkan pada komitmen distributor yang mulai menambah pasokan untuk memenuhi permintaan yang bakal meningkat selama bulan puasa.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Batam Mardanis menyebutkan, selama bulan puasa pasti terjadi lonjakan permintaan terhadap kebutuhan pokok sebanyak 10 persen bila dibandingkan hari biasanya.

ā€Itu terjadi di semua kebutuhan. Jadi, distributor sudah menyiapkan stok yang cukup untuk menghadapi permintaan selama bulan puasa,ā€ ujarnya, Selasa (9/4).

Menurut Mardanis, peningkatan permintaan bahan pa-ngan karena selama bulan puasa aktivitas rumah tangga juga meningkat. Tentu membutuhkan bahan yang lebih banyak dari hari biasanya. Untuk itu, ia sudah berkoordinasi dengan distributor untuk menambah pasokan selama Ramadan.

ā€Alhamdulillah, pasokan aman dan harga cukup stabil kecuali cabai dan bawang putih. Kedua komoditas ini masih tinggi harganya,ā€ terang mantan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Batam ini.

Sedangkan antisipasi yang dilakukan untuk menekan melambungnya harga komoditas jelang bulan puasa, Pemerintah Kota (Pemko) Batam melakukan operasi pasar, sembako murah, serta Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) mobile.

Kata Mardanis, bersama tim yang tergabung dalam TPID, pihaknya akan menggelar pasar murah keliling. Komoditas yang mahal akan dijual keliling ke permukiman warga dengan harga yang lebih murah dari pasar.

ilustrasi

ā€Tahun lalu sudah jalan. Ada bantuan mobil dari Bank Indonesia. Semua kami lakukan agar harga tidak melonjak,ā€ sebutnya.

Selain itu, lanjutnya, nantinya juga ada operasi pasar oleh tim gabungan. Tim akan turun ke pasar untuk memastikan harga stabil dan tidak ada oknum yang bermain. Kebutuhan seperti daging, cabai, bawang merah, dan telur menjadi prioritas untuk dipantau.

ā€Kalau pasokan cukup namun harga masih naik, berarti ada sesuatu. Maka tim gabungan yang akan menindak. Kan ada polisi juga dalam tim gabu-ngan nanti,ā€ terangnya.

Saat ini, masih kata Mardanis, masih berlangsung bazar sembako murah. Ia berharap program ini bisa membantu warga memenuhi kebutuhannya. Sembako murah digelar sebelum bulan puasa dan Lebaran. Tujuannya agar kebutuhan masyarakat bisa terbantu karena harganya yang murah.

ā€Batam kan rata-rata impor. Semoga tidak ada kendala selama pengiriman ke sini. Produksi yang ada juga belum mampu mengakomodir seluruh permintaan yang ada,ā€ tambahnya. (yui)

Update