Jumat, 29 Maret 2024

Sampah Menumpuk di Drainase

Berita Terkait

foto: batampos.co.id / cecep mulyana

batampos.co.id – Kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya masih minim. Sejumlah drainase di Batamcenter kembali bermasalah sebab dipenuhi sampah yang terbawa arus air saat hujan.

Seperti di drainase utama yang membentang di Jalan Raja Alikelana tepatnya di seberang Top 100 Batamcenter dipenuhi sampah sulit urai seperti plastik dan benda berbahan styrofoam usai hujan deras mengguyur kota Batam, Rabu (10/4/2019). Pantauan di lapangan, keberadaan sampah tersebut juga menimbulkan bau tidak sedap.

“Kelihatan jorok sekali. Padahal dekat lokasi perumahan elit,” ujar Suwardi warga Batam Ccenter.

Ia pun meminta dinas terkait untuk membersihkan tumpukan sampah tersebut. Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup Faisal Novrico akan menurunkan petugas untuk meninjau lokasi.

“Kalau memang lokasinya bisa dijangkau petugas langsung bersihkan. Tapi kalau drainasenya lebar nanti kita koordinasi dengan Dinas Bina Marga karena pembersihannya menggunakan alar berat,” ujar Faisal saat dikonfirmasi.

Ia mengaku, di DLH pun ada satuan tugas yang khusus menangani drainase, namun hanya ditugaskan untuk saluran maksimal kedalaman dan luas 2 meter.

“Nah, satgas serupa ada juga di DBM SDA, yang bersihkan parit dan gorong-gorong besar pakai alat berat,” tambahnya.

Sementara tumpukan sampah yang ada drainase Simpang Kepri Mall pembersihannya harus menggunakan alat berat dan merupakan ranah tugas Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBM SDA). Namun ia tak menampik, jika pihaknya diperlukan bantuan juga akan turun membantu.

“Kalau tak terkafer baru kami turunkan armada kami,” jelasnya. (yui)

Update