foto: batampos.co.id / dalil harahap

batampos.co id – Progres pembangunan Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah atau Masjid Agung Batam II di Batuaji sudah mencapai 71 persen.

Minggu (14/4), Wali Kota Batam Muhammad Rudi melihat langsung perkem­bangan pembangunan masjid terbesar di Sumatera itu.



Ditemani sejumlah pejabat Pemko Batam, di antaranya Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Suhar, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Ardiwinata, Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Raja Azmansyah, Rudi berkeliling di area pembangunan masjid.

Saat ini, proses pembangunan masjid sudah memasuki tahap pembangunan kubah dan menara. Kepada Rudi, Suhar menjelaskan bahwa pembangunan membran dan kubah mas­jid akan rampung sebelum lebaran Idul Fitri, Juni nanti.

Kubah utama Masjid Sultan Mah­­mud Riayat Syah akan men­jadi kubah terbesar di In­donesia, karena memiliki ben­ta­ngan masjid mencapai 63 persen.

Kubah ini akan menutupi ba­gian ruang salat utama. Bagian utama masjid ini dibangun tanpa kolom dengan konstruksi space frame. Masjid ini juga dilengkapi dengan payung membran seperti di Masjid Nabawi, Madinah.

Setiap payung memiliki ukuran 25×25 meter, dan akan ada delapan unit payung membran di masjid ini.

“Kami targetkan masjid ini diresmikan tanggal 20 September tahun ini, tepatnya hari Jumat,” ujar Rudi. (*)

Loading...