Sabtu, 20 April 2024

Jumlah Penumpang via Bandara Hang Nadim Alami Peningkatan

Berita Terkait

foto: batampos.co.id / cecep mulyana

batampos.co.id – Jumlah penumpang yang terbang melalui Hang Nadim, Batam meningkat, sejak pertengahan April 2019.

Terutama untuk rute domestik. Setiap akhir pekan, jumlah penumpang sudah berada di atas 6.000 orang.

Sabtu (13/4/2019) lalu, penumpang yang keluar Batam dari jalur udara sebanyak 6.742 orang. Angka ini tidak berbeda jauh saat Minggu (14/4), yang tercatat ada lebih 6.000 penumpang.

“Kalau yang masuk (Batam) itu masih di bawah 5 ribu orang,” kata Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim Batam Suwarso, Selasa (16/4).

Kondisi ini diklaim sudah lebih baik. Sebab sebelumnya jumlah penumpang di Bandara Hang Nadim berada di bawah 6.000 orang. Tingginya harga tiket masih menjadi momok bagi penumpang pesawat.

Padahal sejumlah upaya sudah dilakukan untuk menurunkan harga tiket ke angka normal. Salah satunya ultimatum yang dikeluarkan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi agar maskapai menurunkan harga tiket. Jika tidak, akan ada aturan yang memaksa maskapai menurunkan harga tiket.

Akibatnya, pembatalan penerbangan sampai saat ini masih terjadi. Di Bandara Hang Nadim, masih ada pembatalan hingga 12 penerbangan setiap harinya.

“Memang begitu kondisinya. Paling banyak rute Batam menuju Jakarta. Memang penerbangan terbanyak rute tersebut,” ungkap Suwarso.

Sejauh ini, pihak bandara hanya bisa memantau kemungkinan adanya maskapai yang meletakkan harga tiket di atas ambang batas. Apabila didapati hal tersebut, maka akan dilaporkan kepada pihak terkait.

“Kami diminta untuk melaporkan apabila ada kejadian-kejadian. Khususnya penjualan tiket yang tidak sesuai dengan aturan yang ditentukan,” imbuh Suwarso. (bbi/jpc)

Update