Jumat, 19 April 2024

Lupakan Atraksi, Kembangkan Destinasi Wisata

Berita Terkait

batampos.co.id – Badan Pengusahaan (BP) Batam tidak akan menggelar kegiatan wisata seperti tahun lalu. Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam menegaskan bahwa BP akan fokus mengembangkan destinasi wisata melalui aset-aset yang dimilikinya.

“Atraksi itu dari kreativitas. Tahun lalu juga BP menggelarnya. Tapi sekarang saya pikir Batam ini terdiri dari delapan pulau, jadi akan lebih fokus kepada destinasi. Begitu banyak aset BP yang dapat dikelola untuk menarik kunjungan wisatawan,” kata Kepala BP Batam, Eddy Putra Irawadi, Selasa (16/4) di Gedung Marketing BP Batam.

Menurut Eddy, destinasi wisata di Batam sangat banyak tapi belum dikemas dengan baik.

“Kami akan manfaatkan Asrama Haji, Agromarina, Camp Vietnam. Saya melihat destinasi Batam punya keunggulan komparatif. Contonya, sangat romantis sekali pulang dari kantor lewat Sei Ladi. Ini bisa jadi salah satu obyek,” ujarnya.

Eddy menegaskan ia akan fokus ke destinasi dan belum akan berpikir mengenai even atau atraksi wisata.

“Karena ini soal tujuan, maka butuh ketertarikan turis pada destinasi. Contonya Jembatan Satu, bisa dibandingkan dengan Ipanema di Brazil,” paparnya.

Eddy juga menjelaskan bahwa pengembangan destinasi ini untuk jangka panjang. Pengembangannya paralel dengan peningkatan investasi.

Investor yang sudah eksis di Batam akan melihat destinasi wisata sudah dibangun dengan baik, maka akan mengabarkannya kepada rekan-rekannya di negara asalnya.

“Orang datang dulu. Lalu dia beli dan senang baru investasi. Destinasi dulu ya. Jadi belum pikir ke atraksi lagi,” tuturnya. (leo)

Update