foto: batampos.co.id / galih

batampos.co.id – Dari satu yang unik dari 9 TPS yang ada di kawasan Perumahan Dutamas Batamkota. Satu TPS yang unik ini berada di TPS 14 di RT 5 RW2 depan Cluster Tudor Dutamas.

Mengapa bisa dikatakan unik? Karena dari 9 TPS yang ada di Dutamas, di TPS 14 ini satu-satunya TPS yang hampir semua tenda tempat pencoblosannya dikonsep sedemikian rupa yang semuanya bernuansa warna Melayu yakni terdiri tiga warna, kuning, hijau dan merah.

Tak hanya itu, atap tenda di TPS 14 juga sengaja dipasang rumbia-rumbia yang menyimbolkan kebesaran Melayu. Bahkan di TPS 14 Perumahan Dutamas, masyarakat yang datang ke TPS menyoblos, langsung dihibur oleh penampilan orgen tunggal yang sengaja disiapkan oleh panitia setempat.


“Ini sengaja kami konsep semuanya berornamen dan bernuansa Melayu. Karena Batam ini kan berdiri di Bumi Melayu. Ini ide dari tokoh masyarakat di sini secara spontan. Makanya ide itu kami aplikasikan di TPS ini,” ujar salah satu tokoh masyarakat RT 5 RW 2 Dutamas, Gustian Riau, Rabu (17/4).

Sedangkan Ketua PPS TPS 14 Perumahan Dutamas, Petra Tarigan menegaskan, di lingkungan TPS 14 Dutamas masyarakatnya terdiri dari beragam suku. Karena etnis Melayu merupakan tuan rumah di Batam ini, maka dikonseplah TPS bernuansa Melayu ini.

“Ini cermin kecintaan kami seperti pantun dimana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Kami tak hanya mengkonsep TPS berornamen Melayu saja, kami juga menyiapkan orgen tunggal untuk menghibur masyarakat pemilih. Begitu juga area permainan anak-anak juga sudah kami pasang dan siapkan. Jadi selagi orangtuanya mencoblos di bilik suara, anaknya bisa ditempatkan di arena bermain anak,” terang Petra Tarigan.

Soal logistik pemilu seperti surat suara, lanjutnya, di TPS 14 dan seluruh TPS di Dutamas tak mengalami kendala keterlambatan. Semuanya siap sejak H-1.

‘Tadi pagi sebelum TPS 14 dibuka, kami dari panitia terlebih dahulu menggelar upacara dan doa bersama agar dilancarkan dan tak ada kendala pada pencoblosan hingga penghitungan suara siang nanti,” terang Petra.

TPS 14 Dutamas sendiri jumlah pemilih yang terdaftar di DPT sebanyak 221 orang.

Banyak warga di beberapa TPS di Dutamas yang tak terdaftar di DPT yang menggunakan e-KTP dalam mencoblos, banyak yang datang ke TPS. Karena pencoblos yang menggunakan e-KTP di aturan hanya diperbolehkan mendaftar pukul 12.00 WIB, terpaksa balik kerumahnya dan datang lagi siang hari.

Sementara mantan Wakil Gubernur Kepri yang juga tokoh masyarakat Kepri serta Ketua DPD PDIP Kepri, Soerya Respationo dan keluarga mencoblos di TPS 06 Pendopo I Blok A Dutamas. Tampak Soerya dan keluarga kompak mengenakan baju atasan kemeja warna putih polos. (gas)

Loading...