ilustrasi
foto: batampos.co.id / ryan agung

batampos.co.id – Central Aquatic Club (CAC) bekerja sama dengan sekolah-sekolah menggelar pelatihan renang untuk siswa TK hingga SMA sederajat. Tujuan kerja sama ini untuk meningkatkan animo pelajar terhadap olahraga renang.

Ketua CAC Putra menuturkan, tujuan diselenggarakannya kegiatan ini sebagai ajang untuk memperkenalkan olahraga renang pada pelajar dan generasi muda Batam. Selain itu, juga untuk mencari bibit-bibit baru dalam olahraga renang.

”Ini sebagai sarana sosialisasi pada generasi muda dan pada pelajar di Batam akan pentingnya renang. Apalagi bagi kita yang tinggal di kepulauan,” tutur Putra, Rabu (17/4).

Renang, menurut Puta, memiliki beberapa keuntungan. Di antaranya adalah merangsang fungsi motorik, meningkatkan adaptasi, dan sosialisasi.

”Berenang salah satu jalan keselamatan dan hidup anak-anak. Ditambah dengan kondisi geografis Batam yang dikelilingi perairan, menjadikan renang sebagai salah satu keterampilan yang wajib dikuasai,” ucapnya.

Beberapa sekolah, lanjutnya, sudah menjalin kerja sama untuk pelatihan renang dengan CAC. Baik itu dari lingkup play group hingga SMA.

”Ini adalah kesempatan yang harus dimanfaatkan untuk meningkatkan kesempatan siswa untuk berprestasi di masa mendatang. Apalagi O2SN saat ini susah mempertandingkan cabor renang,” jelas Putra.

Selain itu, CAC juga bermaksud untuk mencari bibit unggul cabor renang di Kota Batam. Pembinaan usia dini dan KU 4 menjadi fokus pembinaan atlet renang di CAC.

”Renang hingga saat ini memiliki ratusan atlet yang berkompetisi secara rutin dalam tiga hingga enam bulan sekali. Ini menunjukkan dalam hal prestasi, renang sangat fokus dalam membina atletnya,” tuturnya.

Senada, Pelatih CAC Andi Muhammad mengatakan pelajar sangat antusias dalam pelatihan yang dilaksanakan oleh CAC. ”Apalagi saat diberikan materi mengenai teknik berenang yang benar,” tegasnya.

Menurutnya, penguasaan materi berenang sangat diperlukan sebagai bekal pelajar dan generasi muda. ”Apalagi untuk teknik berenang bisa dikatakan masih lemah,” kata Andi.

Beragam materi diberikan dalam pelatihan renang yang ditawarkan oleh CAC. Seperti teknik dasar berenang, penguasaan gaya, hingga penanganan cedera dalam berenang.

”Ini yang harus dikuasai oleh generasi muda dan pelajar. Jika tertarik untuk masuk ke jalur prestasi bisa langsung bergabung untuk berlatih secara rutin dengan CAC,” ajaknya. (yan)