batampos.co.id – Ibadah peringatan Jumat Agung berjalan khidmat dan lancar di gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Lubukbaja, Distrik XX Kepri, Jumat (19/4) pukul 10.00 WIB pagi ini. Lebih dari 800 jemaat turut hadir dalam ibadah kedua ini.

Pendeta ressort HKBP Lubukbaja, P Manalu dalam kotbahnya yang diambil dari nats Markus 15:22-14 menyebutkan, Jumat Agung merupakan perayaan besar mengenang kematian Yesus Kristus di kayu salib, di Bukit Golgata untuk menyelamatkan seluruh umat manusia dari cengkeraman dosa dan maut.

“PengorbananNya di kayu salib, menjadi tanda bagi kita bahwa kasih Tuhan Yesus besar. Menjadi warna bagi kita di masa kini untuk tetap saling mengasihi dengan tindakan yang nyata kepada sesama umat manusia dan ciptaan Allah yang lain,” ujar Pendeta P Manalu.


Dalam ibadah peringatan Jumat Agung ini, sebagian besar jemaat HKBP mengenakan pakaian hitam. Demikian juga dengan kain altar. Hal ini sebagai ungkapan berkabung, penyesalan akan dosa.

Membludaknya jemaat, membuat pihak gereja juga menyediakan satu tenda di sayap kanan gereja. Mampu menampung 100 jemaat.

Perayaan Jumat Agung di HKBP Lubukbaja ini diadakan dua termin, masuk pukul 06.30 WIB dan Pukul 10.00 WIB. Dan pukul 14.00 WIB nanti, merupakan puncak dari ibadah, dengan melaksanakan Sakramen Kudus Detik-Detik Peringatan Kematian Tuhan Yesus (Marulaon Nabadia,red). Umumnya ditandai dengan cuaca mendung dan gerimis. (cha)

Loading...