Jumat, 29 Maret 2024

Konsumsi BBM Meningkat Selama Pemilu

Berita Terkait

foto: batampos.co.id / cecep mulyana

batampos.co.id  – Selama periode Pemilu 2019, terjadi peningkatan konsumsi BBM sebanyak 2,4 persen dan LPG sebanyak 2 persen. Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR I, Roby Hervindo mengatakan realisasi rata-rata harian BBM untuk wilayah Sumbagut sebanyak 20,8 ribu KL, meningkat sebanyak 2,4 persen bila dibandingkan dengan bulan Maret 2019.

“Sehari setelah Pemilu, dalam pantauan kami pasokan BBM aman. Konsumsi Pertamax pada hari ini (18/4) sebanyak 852 KL atau naik sebanyak 22% dibandingkan dengan Daily Objective Throughput (DOT) sebanyak 697 KL untuk di wilayah MOR I,” ujar Roby, Kamis (18/4)

Roby merincikan realisasi rata-rata harian untuk produk-produk gasoline (Premium, Pertalite, Pertamax dan Pertamax Turbo) meningkat sebanyak 2,9 persen . Sedangkan untuk produk-produk gasoil (Solar, Dexlite dan Pertamina Dex) terjadi peningkatan sebanyak 1,6 persen.

Sementara untuk penyaluran LPG, tambahan sebanyak rata-rata 4 persen dari pasokan normal telah disiapkan Pertamina MOR I untuk mengantisipasi lonjakan peningkatan konsumsi LPG. Pada periode pemilu ini, terjadi peningkatan 2% bila dibandingkan dengan bulan Maret 2019. “Peningkatan konsumsi LPG di hunian maupun rumah makan terjadi berkat masyarakat yang berkumpul bersama keluarga pada saat Pemilu serta hari libur pada pekan ini,” tutur Roby.

Sebelumnya, Februari lalu Pertamina telah membentuk Satgas Pemilu untuk memastikan keamanan dalam produksi hingga proses distribusi produk-produk Pertamina kepada Masyarakat. Dalam pelaksanaan Satgas Pemilu ini, Pertamina juga berkoordinasi dengan TNI dan Polri, sehingga keamanan pasokan BBM dan LPG di seluruh wilayah Indonesia menjadi lebih terjamin. (une)

Update