foto: batampos.co.id / cecep mulyana

batampos.co.id – Relawan pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno bertahan di sekitar GOR Odesa yang menjadi tempat akan digelar pleno tingkat PPK Batam Kota.

“Jangan kasih kendor, tetap kita kawal,” ucap seorang ibu yang tergabung dalam Persatuan Emak-emak Prabowo Sandi (Permak Bodi), Jumat (19/4).

Seorang di antaranya, Eza, mengaku aktivitas pengawalan ini sudah dilakukan sejak 17 April lalu. Di GOR Odesa sendiri, dilakukan bergantian dengan relawan-relawan lain pendukung Prabowo-Sandi, seperti relawan PAS, relawan Ganti Presiden, Gerakan Nasional Cinta Prabowo, Kartini, Srikandi dan kelompok relawan pendukung Prabowo-Sandi yang lain.

“Kami gantian, selama 24 jam. Kami terus kawal, untuk memastikan tidak ada kecurangan,” imbuhnya.

Ditanyai perihal penundaan, ia mengatakan pada prinsipnya relawan akan tetap menunggu. “Kapanpun kami akan bertahan,” ucapnya.

Giliran bertahan di dekat GOR Odesa juga terlihat saat waktu salat Jumat. Relawan lelaki dipersilahkan untuk salat Jumat terlebih dahulu, dan yang bertahan adalah relawan perempuan.

“Yang bapak-bapak silahkan salat dulu, biar kami emak-emak yang jaga,” seru Amy.

Pengawalan dengan harapan tidak ada kecurangan juga disampaikan relawan PAS, Kembar Asmara. “Kami ingin ada perubahan secara fundamental dan konstitusional. Tidak ada kecurangan dan penyelewengan. Kami kawal demokrasi, visinya Indonesia adil dan makmur,” ucapnya.

Ketua PPK Kota Batam, Irwansyah memastikan pleno tingkat PPK Batam Kota digelar hari ini Sabtu (20/4) pukul 09.00 WIB. “Iya Sabtu ini,” kata dia.

Ia menyampaikan, untuk pengamanan pihaknya telah berkoordinasi dengan polisi,TNI juga pengawas pemilu. “Satpol PP juga membantu,” ucapnya.

Sebelumnya, rencana rekapitulasi suara tingkat PPK Batam Kota digelar Jumat (19/4), seperti yang disampaikan anggota PPK Batam Kota Zainul Sofyan, namun belakangan gagal dan akan dilakukan hari ini Sabtu (19/4) pukul 09.00 WIB. (iza)