Sabtu, 20 April 2024

Perayaan Paskah Berjalan Hikmah di Gereja MBPA

Berita Terkait

batampos.co.id – Ribuan umat Katolik di Batuaji dan Sagulung kembali berkumpul di gereja Maria Bunda Pembantu Abadi (MBPA) di Kaveling Baru Sagulung, Minggu (21/4) pagi hingga siang kemarin. Mereka bersukacita dalam ibadah Minggu Paskah untuk mengenangkan peristiwa kebangkitan Yesus Kristus.

Ibadah Minggu Paskah merupakan puncak dari perayaan pekan suci bagi umat katolik di seluruh dunia. Pekan suci ini dimulai dengan ibadah minggu Palma pada Minggu (14/4) dilanjutkan dengan ibadah Kamis Putih pada Kamis (18/4) malam, ibadah jalan salib Jumat Agung pada Jumat, (19/4) pagi dan ibadah kecup salib (Jumat Agung), Jumat (19/4) dan selanjutnya Sabtu Suci (Vigili Paskah) pada Sabtu (20/4). “Hari ini (kemarin) terakhir sebagi tanda kemenangan dengan bangkitnya sang juru selamat (Yesus Kristus),” ujar ketua panitia paskah MBPA 2019 Yohanes Budi Santoso, kemarin.

Secara umum perayaan paskah mulai dari awal pekan suci berjalan aman dan lancar dihadiri sekitar 5.000 an umat katolik di Sagulung dan Batuaji. Perayaan paskah ini juga dikawal oleh tim keamanan gabungan dari kepolisian, TNI dan Banser.

Pastor Paroki MBPA Eman Vengi Nivak, Pr menyampaikan, pesan paskah tahun ini adalah peduli dengan sesama sesuai thema paska bersatu dengan Kristus yang bangkit kita diutus untuk saling mengabdi. Melelai pesan paskah ini umat katolik hendaknya peduli dengan sesama dan juga lingkunga. “Peduli ini mencakupi banyak hal dan harus dimulai dari lingkaran terkecil yakni keluarga, lingkungan dan sesama,” ujar Eman.

Pesan ini juga kembali ditegakan oleh romo Lorensius D Sanga, Pr, pastor rekan paroki MBPA dalam kotba pada ibadah Minggu Paskah kemarin. Dihadapan ribuan umat, Lorensius memintah agar umat katolik bangkit bersama kebangkitan Kristus untuk peduli dengan sesama.

“Yang selama ini selalu sendiri bangkitlah untuk lihat sesamamu dan lingkungan sekitar,” tegasnya. (eja)

Update