Selasa, 23 April 2024

Dua Bulan Pembukaan Jalan Resang-Dabo

Berita Terkait

batampos.co.id – Bupati Lingga Alias Wello meninjau lokasi pembangunan jalan tembus antara Resang, Desa Marok Kecil, Kecamatan Singkep Selatan hingga ke Desa Kebun Nyiur, Kecamatan Singkep (Dabo). Pembukaan jalan ini memangkas jarak tempuh hingga puluhan kilometer yang selama ini menjadi kendala bagi masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Bupati Lingga yang akrab disapa Awe ini memberikan target pembukaan jalan hingga selesai selama dua bulan. Pembukaan jalan tersebut tentunya belum termasuk dalam pembangunan yang selanjutnya akan dikerjakan oleh dinas terkait di Pemerintah Kabupaten Lingga ini.

“Saya akan hadir lagi untuk menyaksikan awal dari pelaksanaan pembukaan jalan ini. Semoga dua bulan sudah dapat digunakan menjadi akses alternatif,” kata Alias Wello.

Sementara itu, Camat Singkep Selatan Sabirin memastikan, alat berat bantuan dari perusahaan yang ada di wilayah kerja Kecamatan Singkep Selatan bersedia membantu membuka akses jalanhingga tembus ke Desa Kebun Nyiur.

Sabirin menambahkan, jalan baru yang dirintis ini tentunya sangat membantu masyarakat terutama di Kecamatan Singkep Selatan lebih dekat menuju kota yakni Dabo Singkep.

“Dengan semakin dekatnya jarak tentunya dapat dimanfaatkan masyarakat untuk kepentingan bisnis, seperti menjual hasil alam di desa ke kota,” ujar Sabirin, Minggu (21/4) siang.

Lebih lanjut Sabirin menjelaskan, jalan atau akses yang selama ini digunakan masyarakat adalah jalan yang berjarak puluhan bahkan hampir ratusan kilometer mengelilingi sejumlah kawasan dan kecamatan. Sedangkan jalan baru yang saat ini dirintis adalah jalan potong dengan jarang tembus hanya 11,27 kilometer.

Jalan yang baru dirintis ini adalah jalan tanah yang dahulu digunakan sejumlah pabrik somel yang beroperasi di Kabupaten Bunda Tanah Melayu. Namun karena sudah lama tidak digunakan, jalan tersebut membutuhkan sentuhan alat berat agar dapat layak dan nyaman digunakan pengendara.

“Sebenarnya ini juga sebagai program Pemerintah Awe-Nizar untuk membuat jalan poros di Pulau Singke. Makanya Dinas terkait harus turun dan mendukung pembangunan jalan ini ke depan,” kata Sabirin. (wsa)

Update