Jumat, 29 Maret 2024

Kemendikbud Pastikan Server Aman

Berita Terkait

ilustrasi . f Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Ujian nasional (unas) jenjang SMP/MTs sederajat dimulai hari ini (22/4). Sinkronisasi server, download soal ujian, dan prasarana sudah rampung, kemarin. Upaya pengawasan ditingkatkan agar tidak terjadi gangguan dan kecurangan lagi.

Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kemendikbud Moch Abduh menuturkan, pihaknya menggunakan tiga tingkatan server untuk melancarkan UNBK. Server manajer dipegang oleh Puspendik. Kemudian, server admin dikelola Pusat Teknologi Infromasi dan Komunikasi (Pustekkom).

ā€Dalam mengelola server admin, kami melibatkan lima perguruan tinggi negeri ternama untuk server unas,ā€ kata Abduh saat dihubungi, kemarin.

Yakni, Universitas Syah Kuala, Universitas Indonesia, dan Institut Teknologi Bandung untuk mengelola server UN wilayah barat. Universitas Gadjah Mada di wilayah tengah dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember untuk wilayah timur.

Sedangkan, server pelaksana berada di sekolah-sekolah penyelenggara UNBK. Setiap sekolah penyelenggara, lanjut Abduh, harus mempunyai server cadangan yang harus aktif.

Fungsinya, jika ada salah satu server mengalami gangguan, maka server cadangan langsung menggantikannya.

Help desk di tingkat provinsi hingga kota/kabupaten bersama teknisi dan proktor tingkat sekolah diminta lebih teliti dalam mempersiapkan server jelang ujian.

ā€Harapannya gangguan maupun virus terhadap server tidak terjadi,ā€ terang pria asal Sidoarjo itu. (*)

Update