Jumat, 26 April 2024

UNBK Perdana, SMPN 27 Pinjam Laptop Siswa

Berita Terkait

batampos.co.id – Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 27 Batam di Sagulung sukses melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) perdana di hari pertama UN, Senin (22/4).

Sebanyak 342 siswa peserta UN semuanya hadir dan tidak ada kendala serius yang dihadapi.

Kepala SMPN 27 Bor Bor Pasaribu mengatakan, ini merupakan UNBK perdana di sekolah yang dipimpinnya tersebut. Tahun-tahun sebelumnya siswa kelas sembilan mengikuti UN berbasis kertas dan pensil (UNKP). Untuk mensukseskan UNBK perdana ini sekolah harus membuat kesepakatan dengan orangtua siswa agar bisa meminjamkan laptop milik anak-anak mereka untuk pelaksanaan UNBK tersebut.

“Hasilnya ya seperti ini, akhirnya terwujud niat kami untuk melaksanakan UNBK. Ada 120 an laptop siswa yang kami pinjam untuk pelaksanaan UNBK hari dan hari-hari selanjutnya,” ujarnya, kemarin.

Sekolah, kata Bor Bor, hanya memiliki 11 unit komputer yang terdiri dari delapan unit laptop bantuan Dinas Pendidikan Kota Batam dan tiga komputer PC milik sekolah. Jumlah tersebut tak mencukupi sehingga butuh pinjaman laptop dari orangtua siswa.

Laptop pinjaman tersebut dibagi dalam empat lokal bersama 11 unit komputer sekolah lainnya. Satu lokal masing-masing ada 30 an unit komputer sehingga pelaksanaan UNBK perdana itu harus bagi dalam tiga shift yakni pagi, siang dan sore dengan durasi UN masing-masing sesi dua jam.

“Untuk server kami sediakan ada lima unit. Satunya buat cadangan. Sampai sore ini masih lancar-lancar saja. Jaringan maupun listrik aman terkendali,” ujar Bor Bor. (eja)

Update