Jumat, 29 Maret 2024

Hujan Deras, Drainase Meluap Sebabkan Banjir

Berita Terkait

batampos.co.id – Hujan yang menguyur sebagian wilayah Batam pada Senin (22/4) siang menyebabkan banjir di beberapa titik. Kondisi tersebut diduga terjadi karena masih buruknya aliran air yang tak terbuang sempurna ke drainase sehingga meluap dan menyebabkan banjir.

foto: batampos.co.id / cecep mulyana

Seperti, yang terlihat di Jalan Duyung hingga ke depan kawasan Pelabuhan Batuampar. Air setinggi lutut orang dewasa menggenangi jalanan itu. Tak hanya menyebabkan macet, banjir juga membuat sejumlah kendaraan warga mogok.

”Tadi (kemarin) mogok pas di tengah banjir itulah. Biasanya bisa lewat, tapi tadi ada mobil lewat di samping saya dan bikin ombak. Karburator jadi kemasukan air, ” ujar Agus, salah seorang pe-ngendara sepeda motor matik.

Warga lain, Regar, yang me-ngaku kerap melintas di jalur itu mengatakan banjir di jalan tersebut sudah jadi hal biasa, terlebih saat hujan deras. Namun, banjir biasanya hanya berlangsung beberapa saat.

”Tadi (kemarin) banjirnya tak lama, karena hujannya bentar juga,” jelas Regar.

Ia menduga, kondisi banjir terjadi karena aliran air di drainase tidak lancar. Apalagi, jumlah air hujan yang turun cukup banyak dan menggenangi jalanan.

”Apalagi dekat bundaran ini agak tendah, jadi air mengalir ke mari,” tuturnya.

Banjir juga terjadi di Bengkong Swadebi. Banjir berasal dari luapan drainase besar yang diduga tak cukup menampung air hujan yang turun deras. (she)

Update