batampos.co.id – Meski penghitungan suara untuk DPRD Kota Batam belum rampung, sebagian besar partai politik sudah mengklaim mendapat jatah kursi pimpinan DPRD Batam. Di lain sisi, ada juga partai yang mengaku suara calegnya digembosi partai lain.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Batam Jamsir mengatakan, dari enam dapil di Batam, ia yakin akan mengantarkan minimal tujuh caleg PDIP ke gedung DPRD Batam di Engku Putri. Bahkan ia yakin PDI Perjuangan akan tetap menjadi pemenang pemilu dan berhak atas jatah kursi ketua DPRD Kota Batam.

Loading...

Ia menyebutkan, kemung-kinan besar di dapil I yang meliputi Batam Center-Lubukbaja, PDI Perjuangan mendapat jatah dua kursi. Kemudian di dapil II, Batuampar-Bengkong dapat dua kursi. Di dapil III Seibeduk, Nongsa, Bulang, dan Galang sudah sudah memastikan satu kursi, di dapil IV Sagulung berpeluang mendapat dua kursi, dapil V Batuaji sudah mendapatkan satu kursi dan di dapil VI Sekupang dan Belakangpadang juga sudah dipastikan satu kursi.

“Tetapi kami ingin sebanyak-banyaknya. Saya tidak menyebut nama siapa-siapa saja, tetapi dari data yang sudah masuk ke kami ya memang tetap jadi ketua,” kata Jamsir, Senin (22/4/2019).

Jamsir meminta kepada semua pihak untuk tidak melakukan kecurangan dalam proses penghitungan suara.

“Kami tidak berlaku curang dalam penghitungan ini, makanya kami juga tidak akan mau dicurangi. Kami tidak akan diam kalau kami dicurangi,” katanya.

Partai NasDem juga mengklaim menjadi pemenang dalam Pemilu kali ini dan kemungkinan besar akan mendapatkan jatah pimpinan DPRD. Likhai, caleg dan pe­ngurus Partai NasDem me­ngatakan, saat ini sudah ­di­pas­tikan partai bentukan Surya Paloh tersebut mendapatkan lebih dari enam kursi di DPRD Batam.

Lik Khai menyebutkan, untuk dapil I, hampir pasti mendapatkan dua kursi.

“Kalau satu kursi sudah lewat dan sangat besar kemungkinan dua kursi,” katanya.

Sementara di dapil lainnya, sudah dipastikan dapat satu kursi. Bahkan ada dapil yang kemungkinan mengantarkan dua kursi. “Jadi, masih menunggu nih. Tetapi NasDem sangat bagus hasilnya,” katanya.

Ia yakin dengan perolehan suara yang didapat NasDem, maka sangat memungkinkan NasDem akan menempatkan salah satu wakilnya di kursi pimpinan DPRD Batam.

“Mohon doanya saja, karena penghitungan suara masih terus berlangsung dan belum selesai,” katanya.

ilustrasi
foto: batampos.co.id / cecep mulyana

Sementara Partai Golkar Kota Batam juga sudah yakin salah satu wakilnya akan duduk di kursi pimpinan. Kalau tidak jadi wakil ketua I, kemungkinan akan jadi wakil ketua II. Saat ini Golkar terus memantau penghitungan suara di tingkat kecamatan.

“Ini adalah pemilu yang melelahkan. Dan semua data memang belum masuk dan kita masih menunggu. Tetapi dari data yang sudah masuk kalau tidak waka I, maka kita dapat waka II,” kata Bendahara DPC Partai Golkar Kota Batam, Hendra Asman.

Hendra mengatakan, dari data yang masuk, untuk dapil I Partai Golkar mendapat dua kursi. Dapil II sudah pasti satu kursi, dapil III, IV, V, dan VI juga sudah dipastikan satu kursi.

“Tapi kami tetap berpeluang untuk mendapat dua kursi di sana. Jadi, kita tunggu saja hasil akhirnya nanti,” katanya.

Partai Demokrat juga optimistis akan mendapat jatah pimpinan DPRD. Dimana di setiap dapil partai pimpinan Susilo Bambang Yudhoyono ini dipastikan mendapatkan satu kursi.

“Kami tetap yakin dapat jatah pimpinan seperti sekarang ini. Tapi hasilnya kita lihat saja seperti apa nanti,” kata Sekretaris DPC Demokrat Kota Batam Sahat Tambunan.

Sahat mengatakan, saat ini belum semua data perolehan suara masuk. Artinya masih ada kemungkinan jumlah suara terus bertambah. Dan ia mengucapkan terima kasih kepada semua pemilih dan kader Demokrat yang sudah berpartisipasi dalam pemilu tahun ini.

Partai Gerindra tak kalah optimistis. Partai pimpinan Prabowo Subianto itu yakin kembali akan mendapatkan jatah pimpinan DPRD Kota Batam. Mulia Rindo Purba, kader Gerindra, mengatakan, di setiap dapil, Gerindra mendapatkan satu kursi. Bahkan ada dapil yang berpotensi mendapatkan dua kursi seperti dapil I, dapil III, dan dapil VI.

Sementara Partai Hanura juga mengaku bahwa suara yang didapat tahun ini jauh lebih besar dari pada pemilu 2014 lalu. Ketua DPC Hanura Iwan Krisnawan mengatakan, sejauh ini Hanura hampir dipastikan mendapatkan satu kursi di setiap dapil.

“Kalau kami satu dapil satu kursi. Sudah hampir pasti itu. Jadi, kalau untuk unsur pimpinan itu masih sangat memungkinkan. Tetapi kita tunggu saja keputusannya. Kan berdasarkan rangking partai, dan suara belum semua masuk,” kata Iwan, Senin (22/4/2019).

Partai Amanat Nasional (PAN) juga mengklaim ada enam calegnya yang hampir dipastikan duduk di kursi DPRD Kota Batam periode 2019-2024. Masih-masing dapil satu kursi.

“Semua dapil kami yakin dapat satu kursi. Tetapi memang masih ada dapil yang selisih suara antara caleg satu dengan yang lain sangat tipis. Ya kita tunggu saja,” kata Sekretaris DPC PAN Kota Batam Edward Brando.

Edward mengatakan, perolehan suara dalam Pemilu kali termasuk besar. Dan ia mengucapkan terima kasih kepada semua kader dan warga Batam yang sudah ikut berpartisipasi dan membesarkan PAN.

Sementara itu, Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Batam Jefri Simanjuntak mengakui bahwa partainya kali ini hanya mengirimkan tiga wakilnya, yakni dari dapil I, dapil IV, dan dapil VI. Meski begitu, menurut dia, masih saja ada partai lain yang mencoba menggembosi suara PKB.

Sama dengan partai lain, PKS juga optimistis menempatkan enam wakilnya di DPRD Batam.

“Sesuai target, enam daerah pemilihan satu kursi telah kami amankan,” kata Warya Burhanuddin, Sekretaris Umum DPD PKS Batam, Senin (22/4).

Jika dibandingkan dengan Pemilu 2014 lalu, suara PKS meningkat signifikan. Bahkan bila melihat potensi di daerah pemilihan I yakni Batam Kota-Lubukbaja, PKS berpotensi mengirimkan dua orang wakilnya. (ian)

Loading...