Semua perusahaan sudah selayaknya menyediakan slot anggaran untuk program Corporate Social Responsibility (CSR). Terlebih jika perusahaan tersebut berhubungan dengan pemanfaatan sumber daya alam seperti PT Adhya Tirta Batam (ATB) yang diberikan hak konsesi mengelola air bersih di Pulau Batam sejak tahun 1995.

ATB senantiasa memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Batam. Seiring pertumbuhan ATB menjadi perusahaan air terbaik dan terpercaya di Indonesia, orientasi bisnis ATB tidak semata berkisar pada profit saja. Sejak tahun 2010, ATB berperan aktif dalam program tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR).

Program CSR bagi ATB bukanlah sekedar kegiatan amal dan mengabdi demi kemanusiaan. Bagi ATB, program CSR menjadi bagian penting dari upaya mengimplementasikan nilai inti perusahaan. CSR ATB menjadi cerminan kontribusi positif perusahaan dalam memberikan manfaat optimal bagi kelestarian lingkungan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar serta secara berkesinambungan membangun citra reputasi korporasi.

CSR ATB meliputi program ATB Peduli Lingkungan, ATB Peduli Kesehatan, ATB Peduli Olahraga, ATB Peduli Pendidikan dan ATB Peduli Sosial Kemanusiaan. Kontribusi ATB Peduli Lingkungan bertujuan untuk mengurangi dampak perubahan iklim dan kerusakan lingkungan hidup akibat kegiatan manusia. ATB secara proaktif mengambil bagian dalam upaya konservasi lingkungan terutama daerah tangkapan air.

Program CSR ATB Peduli Kesehatan yang diwujudkan dalam kegiatan donor darah, setiap tahunnya disambut baik oleh berbagai elemen masyarakat baik dari pihak rekanan, pengembang, key account, aparatur pemerintah, pemangku kepentingan, penggiat usaha swasta hingga mahasiswa. Pada tahun 2018, ATB berhasil mengumpulkan 394 kantong darah dalam rangkaian kegiatan donor darah yang dilaksanakan 3 kali sepanjang tahun lalu.

Untuk kemajuan dibidang olahraga, sejak 2011 ATB aktif menggelar turnamen olahraga futsal terbesar se-Sumatera bertajuk ATB Cup Futsal Championship. Tahun ini, ATB Cup X Futsal Championship berlangsung sukses dan diikuti pemain-pemain berkualitas dari timnas dan Liga Pro Indonesia.

Di dunia pendidikan, ATB berkontribusi dalam kegiatan ATB School Campaign, Lomba Cerdas Cermat dan Beasiswa Prestasi. ATB sangat menyadari bahwa Sumber Daya Manusia merupakan aset terpenting bagi negara. Oleh karena itu, ATB selalu mendukung kegiatan-kegiatan terkait edukasi pendidikan.

Pada 2018, ATB menerima Anugerah Batam Madani untuk bidang CSR Peduli Pendidikan dan Sosial dari Pemerintah Kota Batam atas konsistensi dan sinergitasnya bersama pemerintah untuk pembangunan Batam.

Tidak cukup sampai disitu, ATB juga mengusung program CSR Peduli Sosial Kemanusiaan seperti Penyerahan Hewan Kurban, Pembagian Sembako Dhuafa dan Bantuan Mustahik. ATB bersama Pemerintah Kota Batam juga menggelar acara penggalangan dana untuk korban bencana alam gempa Palu dan Donggala yang berhasil mengumpulkan Rp 3.058.757.784.

Bantuan diserahkan langsung Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad didampingi Direktur Keuangan ATB Asriel Hay kepada Bupati Donggala, Kasman Lassa di Kantor Bupati Donggala, Sulawesi Tengah pada Maret lalu. Semua program ini rutin dijalankan ATB setiap tahunnya sejalan dengan nilai inti perusahaan ATB yakni Kerja Keras, Handal, Menghargai, Peduli dan Jujur.

Program CSR ATB sebagai entitas bisnis yang tumbuh berkembang bersama masyarakat. ATB berharap program ini akan mempererat hubungan perusahaan dengan masyarakat dan menumbuhkan rasa memiliki masyarakat terhadap perusahaan sekaligus menjadi sarana untuk menyelaraskan dinamika bisnis dengan kelestarian lingkungan dan sosial. (*)