Kamis, 25 April 2024

KPU Batam Gelar Pemilihan Ulang di TPS 43

Berita Terkait

ilustrasi
foto: batampos.co.id / dlil harahap

batampos.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batam akan menyelenggarakan pemilihan suara ulang (PSU) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 043, Kelurahan Sungai Jodoh, Kecamatan Batuampar, Minggu (28/4) mendatang.

Ketua KPU Batam Syahrul Huda mengatakan, informasi pemilihan ulang ini baru diterima oleh KPU Batam dua hari lalu. PSU ini harus dilakukan berdasarkan rekomendasi dari Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) yang bertugas di wilayah tersebut.

“Informasinya ada warga yang tidak mengantongi formulir A5 namun bisa memilih, padahal itu tak boleh,” kata dia, Selasa (23/4).

Berdasarkan pertimbangan tersebut, KPU Batam akan mempersiapkan kelengkapan untuk PSU di TPS tersebut. Termasuk ketersediaan surat suara calon Presiden dan Wakil Presiden.

“Surat suara kita minta dulu ke pusat. Sebab untuk pemilihan ulang ini logistiknya berbeda dengan surat suara lainnya. Ini lagi kita usulkan,” ujarnya.

Syahrul menyebutkan di TPS tersebut terdapat sekitar 217 pemilih. Saat ini pihaknya sudah berkoordinasi dengan KPU Provinsi Kepri dan pusat terkait jadwal PSU ini. Pihaknya juga telah meminta surat suara dari pusat. Ia berharap surat suara segera tiba di Batam sebelum proses pemilihan ulang dimulai.

Berdasarkan ketentuan jadwal PSU ini bisa dilaksanakan sepuluh hari pasca pemilihan berlangsung.

”Tanggal 27 itu paling cepat. Tapi nanti kita lihat dulu persiapannya nanti,” ujarnya.

Sementara itu, Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) BatamNopialdi mengatakan, keputusan PSU berdasarkan rekomendasi dari Panwascam yang bertugas. Saat pemilihan berlangsung ada sembilan orang yang pemilih luar Batam yang mengguna-kan hak pilihnya, padahal tidak mengantongi A5.

“Saat itu sudah diketahui tapi tidak mungkin dihentikan karena berbagai faktor. Jadi setelah selesai baru diproses,” kata dia.

PSU akan dilakukan khusus untuk pemilihan calon Presiden dan Wakil Presiden saja. Hingga saat ini baru ada satu TPS yang dilaporkan harus menggelar PSU.

”Baru satu, mudah-mudahan berjalan dengan lancar nantinya,” harapnya. (yui)

Update