Dua gorila difoto tengah berpose mengikuti gaya tim penjaga hutan yang menyelamatkan mereka saat masih bayi. Dalam foto yang viral di dunia maya itu, dua ekor gorila berpose berdiri dengan gaya cool saat berswafoto dengan penjaganya.

Foto ini diambil di tempat penampungan bayi gorila yang kehilangan induk di Taman Nasional Virunga, Republik Demokratik Kongo.

Loading...

Di tempat penampungan ini, bayi-bayi gorila yang kehilangan induk akibat perburuan, dirawat dan dibesarkan. Wakil Direktur Taman Nasional Virunga, Innocent Mburanumwe, mengatakan kepada Program Newsday BBC, gorila-gorila ini sering mengikuti gaya penjaga yang merawat mereka sejak ditemukan.

Gorila-gorila ini merasa penjaga mereka adalah induk. Pada saat ditemukan, dua gorila ini baru berumur dua dan empat bulan.

Dua gorila ini langsung dibawa ke tempat penampungan di Virunga. Karena dua gorila ini dibesarkan oleh penjaga yang menyelamatkan mereka, akibatnya “mereka selalu mengikuti gaya manusia,” kata Mburanumwe.

Gorila ini juga sering berdiri tegak mengikuti gerakan penjaganya.

“Namun, ini tak biasa…Saya sangat terkejut melihatnya…dan sangat lucu. Sangat unik untuk melihat bagaimana gorila dapat meniru orang dan berdiri.”

Namun, menjadi penjaga hutan tidak selalu menyenangkan dan bahkan lebih banyak bahayanya. Lima penjaga hutan meninggal di Taman Nasional Virunga tahun lalu dalam serangan pemberontak. Lebih dari 130 penjaga hutan meninggal di Virunga sejak 1996.

Kawasan timur Republik Demokratik Kongo merupakan daerah konflik antara pemerintah dan berbagai kelompok bersenjata.

Sejumlah kelompok bersenjata tinggal di seputar taman nasional dan sering berburu satwa liar. (rzy)

Loading...