F.Rezza Herdiyanto/Batam Pos

Demi menjaga keamanan jalur pipa gas ke konsumen, PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) area Batam meningkatkan kinerja petugas patroli untuk melakukan kontrol ke semua titik lokasi pipa setiap hari.

Tim Patroli dari PT PGN Solution (PGASOL) ini bertugas untuk mengawasi dan mengontrol semua jalur pipa gas. Tidak hanya mengontrol kemungkinan terjadinya hambatan dan kerusakan, juga mengontrol proyek galian yang ada di sekitar area jalur pipa gas.

“Jadi kalau ada jalur pipa PGN yang melalui jalur selokan, jembatan, atau sungai, kita tanam di bawah selokan atau sungai, maka ketika ada proyek galian atau pembangunan infrastruktur, tim kami selalu ada di lapangan untuk mengawasi jarak aman proyek dengan jalur pipa kita,” kata Kepala Proyek Operasi PGN Solution Area Batam, Usman.


Dalam setiap pengerjaan proyek galian yg dilakukan pihak lain, PGN selalu menghimbau jarak aman galian dari pipa gas existing.

“Instalasi pipa PGN, selalu kami pastikan aman dari ancaman, gangguan dan hambatan. Selanjutnya jika ada proyek galian di dekatnya, untuk mencegah terjadinya gangguan kami mengedukasi kontraktor bahwa ada jaringan pipa gas di sekitar galian,” ujar Usman.

Selain melakukan kontrol terhadap kondisi kehandalan pipa, PGN juga rutin melakukan kegiatan perawatan pipa setiap hari.

“Patroli kami lakukan di semua lokasi yang ada jaringan pipa PGN di batam, yaitu batu ampar, nagoya, batam center, kabil, muka kuning, batu aji sampai Tanjung Uncang. Selain mengawasi juga melakukan perawatan rutin,” ucapnya.

Perawatan yang dilakukan terhadap aset PGN dibagi menjadi dua, perawatan jaringan dan fasilitas. Perawatan jaringan yang dilakukan PGN, di antaranya penebasan tumbuhan keras yang di atas jalur pipa, edukasi terhadap aktifitas pihak lain yang membahayakan operasi jaringan, pengecekan marker post (rambu-rambu yang ada disepanjang jalur pipa), dan perawatan ringan lainnya.

“Perawatan tiap hari kami lakukan. Tapi untuk pengawasan perawatan di titik yang sama biasanya dilakukan seminggu sekali,” kata Usman.

Adapun pemeliharaan fasilitas berupa perawatan pencegahan dari karat dengan menggunakan sistem anoda korban yaitu pencegahan pipa dari korosif, pengecekan regulator station dan bak valve disepanjang jaringan.

“Perawatan ini kami lakukan secara menyeluruh tanpa mengistimewakan pipa jenis apapun, baik pipa gas di kawasan industri maupun rumah tangga. Karena baik pipa baja maupun pipa PE kalau ada kendala pasti mengganggu penyaluran gas, jadi kami terus berkomitmen untuk selalu menjaga agar jaringan pipa kami tetap handal” ujar Usman. (*)

Loading...