foto: batampos.co.id / azis maulana

batampos.co.id – Pencari kerja (pencaker) kembali memadati aula Multi Purpose Hall (MPH) kawasan industri Batamindo, Mukakuning sejak Senin (29/4) pagi, kemarin.

Informasi yang dihimpun Batam Pos, PT Ciba Vision Batam membuka lowongan pekerjaan untuk posisi operator. Di lokasi, terlihat ada ratusan pencaker antre menunggu giliran pendaftaran. Terdapat persyaratan yang harus dipenuhi seperti membatasi umur pelamar maksimal 22 tahun, lulusan SMA jurusan IPA serta kelengkapan berkas pendukung.

Persyaratan tambahan ada yang mengukur tingkat kelembaban telapak tangan para pencaker karena yang diterima tak boleh lembab telapak tangannya. Pasalnya, perusahaan tersebut memproduksi softlens.

”Untuk tinggi badan wanita 155 sentimeter (cm) dan pria 165 cm, setelah lolos langsung bisa mengikuti tes tertulis di Tunas Karya,” kata Hanif, pencaker asal Medan.

Dari persyaratan tersebut, masih banyak pencaker yang tak lolos. Sehingga menimbulkan raut kekecewaan dari mereka. Seperti Rahayu, pencaker yang baru lulus SMK tersebut gagal sebab memiliki tinggi badan kurang dari 155 cm. Padahal, ia sudah melengkapi semua berkas pendukung.

”Padahal untuk keterampilan bisa bersaing,” ujar pencaker asal Medan tersebut.

Para pencaker pun berharap lowongan kerja di kawasan industri makin banyak. Sehingga, banyak pencaker yang bisa terserap. (cr1)