batampos.co.id – Pemerintah Kota (Pemko) Batam memberikan subsidi tiket bagi wisatawan mancanegara (wsiman) yang berkunjung ke Batam. Kebijakan tersebut dilakukan demi meningkatkan kunjungan wisman, serta untuk mencapai target 2,4 juta wisman datang ke Batam pada tahun 2019 ini.

”Wisatawan asing yang datang ke Batam, tiketnya kami disubsidi,” ujar Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, kemarin (29/4).

Menurut Wali Kota, permintaan subsidi tiket diajukan ke Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Ia pun yakin permintaan itu akan dipenuhi demi menjadi Batam sebagai kota pariwisata.


”Ini permintaan kami, agar banyak wisman yang datang. Jadi Batam bisa semakin maju. Apalagi sekarang sudah banyak mal megah yang berdiri,” beber Rudi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disparbud) Kota Batam Ardiwinata membenarkan adanya subsidi tiket bagi wisman yang berkunjung ke Batam. Namun, subsidi yang diberikan jika wisman membeli paket libur ke Batam.

”Nama programnya hot deal. Jadi wisman yang ambil paket liburan ke Batam dapat subsidi. Kalau tak ambil paket, hanya tiket saja tidak dapat subsidi,” sebutnya.

Menurut dia, persentase subsidi untuk para wisman tergantung paket yang diambil. Serta diatur oleh agen travel yang bekerjasama dengan pemerintah.

”Jumlah persentasenya fluktuatif. Tergantung paket travelnya juga,” kata Ardi. (she)

Loading...