Jumat, 29 Maret 2024

Pohon Rapuh Tumbang ke Jalan Raya

Berita Terkait

batampos.co.id – Arus lalulintas menuju kantor Camat Batuaji sempat terhambat, Jumat (3/5/2019) pagi kemarin. Itu karena pohon penghijau yang tumbuh di belakang perumahan Genta I tumbang ke arah jalan dari Aviari menuji kantor Camat Batuaji persisnya di tempat jualan stiker dan aksesoris sepeda motor sekitar pukul 09.00 WIB.

Pohon yang sudah rapuh itu melintang diatas bahu jalan sehingga kendaraan sama sekali tak bisa lewat. Hampir satu jam kendaraan harus mencari jalan alternatif lain. Untungnya di lokasi jalan tersebut ada deretan ruko sehingga pengendara bisa menggunakan halaman ruko sebagai halur alternatif.

Arus lalulintas kembali normal setelah seorang warga berinisiatif memotong rating-rating pohon tersebut secara manual. Rudi, warga tersebut secara tak sengaja melintasi jalan tersebut dan kebetulan dalam mobil pick up nya ada parang sehingga berinisiatif memotong ranting-ranting pohon tersebut.

“Tapi ranting-ranting (yangtumbang) ke jalan saya yang potong. Kalau batangnya tak bisa karena potongnya pakai parang. Ini harus pakai mesin karena besar batang pohonnya,” ujar Rudi.

Fadli penjual stiker sepeda motor di dekat lokasi kejadian mengatakan, sebelum tumbang pohon tersebut memang sudah rapuh. Sebagian ranting sudah kering dan separuh batang pohon rapuh. Pohon tersebut tumbuh persis di pinggir tanggil drainase dan parahnya tanggul drainase yang menguatkan pohon ternyata rusak dan longsor saat hujan beberapa hari lalu.

“Sudah lama miring pohon itu karena hujan beberapa hari yang lalu. Tadi tiba-tiba saja tumbang. Untung tak ada kendaraan yang lewat,” ujarnya.

Sampai siang kemarin, sisa batang pohon yang dipotong Rudi, masih melintang di sepanjang drainase utama di pinggir jalan menuju kantor camat Sagulung itu.

Tumbangnya pohon penghijau itu jadi perhatian serius warga pengguna jalan di sana sebab hampir semua pohon penghijau di sepanjang jalan tersebut berkondisi sama. Pohon banyak yang rapuh dan tak terurus. Ranting pohon terlampau rimbun sehingga bersentuhan dengan kabel listrik dan menutupi bahu jalan.

Warga berharap ada perhatian dari intansi pemerintah terkait agar pepohonan itu rapihkan dan ditertibkan jika sudah tak memungkinkan lagi. (eja)

Update