batampos.co.id – Gelaran Liga 3 putaran Provinsi Kepri akan dilaksanakan usai Lebaran. Wakil Ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Kepri Maifrizon menuturkan regulasi terkait dengan pelaksanaan Liga 3 putaran provinsi sudah terbit.

”Pelaksanaan Liga 3 putaran provinsi memang menunggu kepastian regulasi. Beberapa waktu lalu regulasinya sudah dikirim oleh PSSI Pusat,” jelas Maifrizon.

Terkait pelaksanaannya, belum ada kepastian tanggalnya.


“Kami akan kembali merumuskan prosedur pelaksanaan Liga 3 putaran provinsi,” jelasnya.

Namun dengan adanya regulasi tersebut, akan menjadi pegangan bagi PSSI Kepri untuk menggelar putaran provinsi. Maka, jika ada beberapa klub baru yang mengajukan untuk mengikuti Liga 3 putaran Provinsi Kepri. Persyaratan utama yang wajib dipenuhi adalah menjadi anggota Asprov PSSI Kepri terlebih dahulu.

”Untuk bisa mengikuti Liga 3 putaran provinsi tentu saja harus terdaftar terlebih dahulu sebagai anggota Asprov PSSI Kepri. Baru setelah itu bisa mengajukan diri mengikuti Liga 3 putaran provinsi,” tegas Maifrizon.

Untuk menjadi anggota PSSI, klub terlebih dahulu harus melengkapi beberapa persyaratan utama. Yaitu harus memiliki badan hukum pendirian klub, susunan kepengurusan klub, dan AD/ART klub. Selain itu, juga wajib memiliki surat kepemilikan atau sewa stadion. Juga harus memiliki pelatih minimal memiliki lisensi D.

”Setelah itu berkas wajib diserahkan ke Asprov PSSI Kepri untuk kemudian bisa disahkan dalam kongres tahunan,” urainya.

Terkait 757 Kepri Jaya, Maifrizon menerangkan klub kebanggaan masyarakat Kepri ini akan kembali memulai langkahnya di Liga 3 dari putaran provinsi. Ini terkait hasil 757 Kepri Jaya yang hanya mencapai babak 64 Besar Liga 3 putaran nasional.

Tetapi dibantah Ketua Harian 757 Kepri Jaya Ichsan. Menurut dia, 757 Kepri Jaya akan berlaga di Liga 3 putaran Regional Sumatera.

”Sebenarnya informasinya masih simpang siur. Memang ada informasi menerangkan 757 Kepri Jaya bermain di putaran provinsi. Informasi kedua menyebutkan 757 Kepri Jaya langsung bermain di putaran Regional Sumatera,” terang Ichsan.

ilustrasi

Berdasarkan regulasi yang diterima 757 Kepri Jaya, masih belum menyebutkan tim mana saja yang akan bermain di putaran provinsi. Dalam regulasi hanya menerangkan peserta Liga 1, Liga 2, dan Liga 3.

”Secara spesifik belum jelas peserta selain Liga 1 yang akan bermain pertengahan Mei ini. Karenanya kami masih menunggu kepastian resmi terkait pelaksanaan Liga 3,” ujarnya.

Meski demikian, Ichsan mengakui pihaknya terus melakukan koordinasi.

”Kami terus berkoordinasi baik itu dengan Asprov PSSI Kepri maupun PSSI Pusat,” tegas Ichsan.

Meski di tengah keraguan, Ichsan mengatakan 757 Kepri Jaya siap mengikuti Liga 3. Beberapa hal tengah disiapkan manajemen terkait dengan keikutsertaan dalam Liga 3.

”Saat ini kami tengah mencari pelatih sesuai untuk membawa 757 Kepri Jaya berlaga di Liga 3. Beberapa nama sudah muncul, tetapi kami baru akan memutuskan dalam waktu dekat ini,” tuturnya.

Menurut Ichsan, nama 757 Kepri Jaya saat ini memancing sejumlah nama pelatih untuk bergabung.

”757 Kepri Jaya saat ini diminati banyak pelatih untuk bergabung. Ini terkait beberapa prestasi saat berlaga di ajang Piala Indonesia. Kami mampu menundukkan sejumlah tim tenar di Indonesia seperti PSMS Medan dan PSPS Pekanbaru. Juga mampu menahan imbang Persija Jakarta di kandang,” seru Ichsan.

Terkait seleksi pemain, Ichsan mengatakan tetap menunggu keputusan pelatih baru 757 Kepri Jaya.

”Mungkin pasca lebaran kami baru bisa memanggil sejumlah pemain lama dan akan mulai merekrut pemain baru,” tuturnya.

Ichsan juga menjelaskan, untuk musim 2019, pihaknya akan merombak skuad dari musim sebelumnya. ”Untuk kali ini kami hanya boleh menggunakan pemain U-23. berbeda dengan sebelumnya yang masih diperbolehkan menggunakan tiga pemain senior,” kata Ichsan.

”Tentunya ini menunggu kepastian pelatih. Karena pasti menyesuaikan dengan strategi yang akan diterapkan,” sambungnya.

Model rekruitmen, diakui Ichan tak akan jauh berbeda dengan musim sebelumnya. ”Tetap akan menggunakan seleksi pemain terbuka dan tertutup,” terang Icsan.

Bagaimana target di musim 2019? Mendapat pertanyaan itu, Ichsan optimis jika 757 Kepri Jaya bisa lolos ke Liga 2 musim ini.

”Kami selalu optimis, dan itu adalah target yang dibebankan pada skuad 757 Kepri Jaya,” jelasnya.

”Tentunya kami memohon dukungan seluruh masyarakat agar 757 Kepri Jaya bisa meraih target sesuai yang diinginkan,” tambah Ichsan lagi. (yan)

Loading...