Jumat, 29 Maret 2024

Pemugaran Pasar Induk Jodoh Menanti Dana Pusat

Berita Terkait

Bangunan Pasar Induk Jodoh terlihat rusak karena tidak terawat. Pemko Batam berencana akan merenovasi pasar tersebut. F. Cecep/Batam Pos

batampos.co.id – Rencana pemugaran Pasar Induk Jodoh hingga kini belum dapat dilaksanakan. Hal tersebut dikarenakan belum adanya kepastian anggaran dari pemerintah pusat.

”Saya belum bisa jelaskan” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam, Gustia Riau, Senin (6/5/2019).

Gustian mengatakan, saat ini masih dalam proses Detail Engineering Design (DED). Setelah itu lanjutnya, baru akan dilakukan proses pembangunan.

”Tahun ini masih DED, jadi desain untuk pembangunan,” imbuhnya. Sementara itu, aktivitas di Pasar Induk Jodoh masih terlihat seperti biasa.

Para pedagang masih berjualan di pinggir hingga di dalam bangunan pasar induk yang kondisinya sudah sangat memperihatinkan.

Seorang pedagang Pasar Induk Jodoh, Ida, mengaku masih berjualan seperti biasa. Namun Ida enggan berkomentar terkait relokasi.

”Kalau pun direlokasi harus sesuai dengan permintaan kami dulu,” tegas Ida. Seperti diketahui, bebeberapa waktu lalu tim terpadu ingin merelokasi sejumlah pedagang yang ada di Pasar Induk Jodoh, ke kios-kios di samping Pasar Induk yang dibangun pihak ketiga.

Namun, para pedagang menolak dengan alasan tak ada uang untuk membayar sewa kios tersebut.(she)

Update