Kamis, 18 April 2024

Terik, Suhu di Batam Capai 33 Derajat Celsius

Berita Terkait

foto: batampos.co.id / dalil harahap

batampos.co.id – Batam dilanda panas terik hingga mencapai 33 derajat celsius di hari pertama puasa Ramadan 1440 Hijriah, Senin (6/5). Diperkirakan, kondisi serupa akan berlangsung hingga tiga hari ke depan.

”Kemungkinan untuk tiga hari ke depan masih sama (panas terik hingga 33 derajat). Saat ini yang lebih berpotensi hujan di wilayah Dabo dan Karimun,” kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Hang Nadim Batam Suratman, kemarin.

Ia menjelaskan, fenomena cuaca panas dan terik merupakan fenomena cuaca alamiah yang biasa terjadi di bulan-bulan transisi (pancaroba) dan bulan-bulan puncak musim kemarau.

Faktor-faktor yang memengaruhi kondisi tersebut, di antaranya meliputi gerak semu matahari yang saat ini berada di sekitar katulistiwa dan gerak menuju ke belahan bumi utara atau sebaliknya.

”Ketika matahari berada tepat di atas katulistiwa, sehingga pancaran sinar matahari dan radiasi matahari yang masuk cukup optimum,” terang Suratman.

Dalam hal ini, pihaknya mengimbau agar masyarakat khususnya yang tengah berpuasa agar dapat memaksimalkan konsumsi cairan.

”Setidaknya tidak kurang dari 8 gelas per hari minum air putih, bisa diatur dari saat berbuka hingga sahur supaya terhindar dari dehidrasi akut,” ujarnya. (ska)

Update