batampos.co.id – Persaingan perebutan kursi dari dapil Batuaji sangat sengit, tidak ada partai yang dominan. Dari enam kursi yang diperebutkan, enam partai mengirim perwakilannya.

Dari hasil pleno yang digelar di tingkat PPK dan KPU, petahana Safari Ramadhan dari partai PAN dengan perolehan surat pribadi 5.368 yang berhasil melenggang ke engku Putri. Bahkan Safari menjadi caleg peraih suara pribadi tertinggi di dapil baru tersebut.

Selain Safari, Tohan Erikson dari PDIP lolos ke DPRD Batam dengan perolehan suara 3.604 suara.

Tahun 2009 lalu, Erikson duduk di DPRD Batam lewat PDIP dari Dapil Batuaji, Sekupang dan Belakangpadang.

Sedangkan suara PDIP di sana mencapai 8.481 suara.

Secara partai, di Batuaji dimenangkpan PDIP.

Selebihnya dari enam kursi jatah Batuaji, adalah wajah baru, yakni dari Nasdem Arlon Veristo, Muhammad Rudi dari Gerindra, Tumbur Hutasoit dari Hanura dan Jimmy Nababan dari Golkar.

Terpisah, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batam, Syahrul Huda mengatakan proses rekapitulasi tidak bisa diselesaikan sesuai dengan jadwal, Selasa (7/5).

Hal ini disebabkan belum rampungnya rekapitulasi tingkat kecamatan di Kecamatan Sekupang dan Sagulung.

”Iya memang seperti itu, tidak bisa dipaksakan juga. Jadi mereka masih bisa melanjutkan penghitungan,” kata dia.

Syahrul menjelaskan, sesuai dengan edaran dari KPU RI jika proses rekapitulasi tingkat PPK belum selesai, mereka bisa melanjutkan hingga batas akhir pleno di tingkat provinsi.

”Jadi sembari kami menyelesaikan pleno kecamatan yang sudah selesai, mereka juga terus jalan. Rekapitulasi harus selesai sebelum batas pleno di provinsi 10 Mei mendatang,” kata jelasnya.

Kondisi ini tidak bisa terhindarkan karena memang keadaan di tingkat PPK. Sidang yang seharusnya dimulai pukul 09.00 WIB harus ditunda hingga pukul 21.00 WIB. Pihaknya masih memiliki waktu beberapa hari ke depan untuk merampungkan rekapitulasi tingkat kota ini.

”Provinsi tetap jalan, mungkin mereka mulai dari kabupaten/kota yang sudah duluan selesai. Nanti Batam menyusul,” sebutnya.

Enam kecamatan sudah diplenokan sebelumnya yaitu Galang, Bulang, Belakangpadang, Nongsa, Batuampar dan Batuaji. Terkait Batamkota, Lubukbaja, Bengkong, Seibeduk. (yui/eja)