foto: Rezza Herdiyanto/Batam Pos

batampos.co.id – Harga cabai merah dan cabai rawit pada awal Ramadan di Kabupaten Lingga mengalami kenaikan. Untuk harga cabai merah per kilogram (kg) mencapai Rp 44 ribu, sedangkan harga sebelumnya hanya Rp 38 ribu.

Zulkifli, pedagangan sayur mayur di Pasar Dabo Singkep mengatakan, kenaikan juga terjadi pada cabai rawit dari harga Rp 38 ribu per kg menjadi Rp 44 ribu. Menurutnya, kenai­kan hanya pada dua jenis cabai tersebut, sementara untuk cabai hijau dan kering masih dijual dengan harga yang sama.

”Cabai kering masih diharga yang sama, begitu juga dengan harga cabai hijau masih harga lama, Rp 32 ribu per kilo,” ujarnya.

Menurut Zulkifli, keberadaan RoRo yang melayani jalur Batam-Jagoh-Kuala Tungkal ini memudahkan para pedagang mendapat barang dagangan, sehingga harganya cukup terjangkau. Seperi harga bawang putih di Dabo Singkep lebih murah dari Jambi, karena Dabo mendapat suplai barang dari Batam yang notabene bawang impor.

“Bawang putih untuk Dabo tergolong murah dibanding harga di tempat lain dengan harga Rp 30 ribu per kilo. Kabarnya di Kota Jambi mencapai Rp 45 ribu per kilo,” kata Zulkifli.

Begitu juga dengan bawang merah, harga pasaran di Dabo hanya berkisar Rp 28 ribu per kg. Bahkan harga ini disi-nyalir jauh lebih murah diban-ding harga bawang merah di Jawa yang mencapai Rp 45 ribu per kg.

“Untuk bawang impor paling pedagang hanya membayar karantina saja. Sampai Dabo harga tergolong murah,” ujar Zulkifli.

Dengan posisi antara Batam dan Jambi menjadikannya semakin mudah mendapat pasokan bahan pokok. (wsa)