batampos.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna memastikan pasokan bahan pokok di Natuna selama bulan puasa hingga Lebaran masih aman.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Pemkab Natuna Agus Supardi mengatakan, persediaan bahan pokok seperti beras, tepung, dan minyak goreng cukup.

“Dipastikan tidak terjadi kelangkaan maupun lonjakan harga,” ujarnya. Meski ketersediaan aman, pihak­nya tetap memantau persediaan bahan pokok bekerja sama dengan Satgas Pangan Polres Natuna.

Agus mengatakan, tercukupinya ketersediaan bahan pokok ini karena pemerintah memastikan kelancaran transportasi laut berupa kapal pengangkut barang dan bahan makanan dari Jakarta, Tanjungpinang, maupun Pontianak.

”Kapal-kapal barang masih beroperasi sesuai jadwal. Selama puasa ini sembako aman, meski kebutuhan masyarakat meningkat dari biasanya, karena banyak warga bikin takjil,” ungkapnya.

Ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat di Natuna, katanya, sangat bergantung pada kelancaran transportasi laut. Saat ini kondisi cuaca di laut Natuna juga sangat mendukung beroperasinya kapal barang maupun penumpang dari tiga wilayah berbeda (Jakarta, Tanjungpinang, dan Pontianak).

”Karena Natuna daerah kepulauan, hampir semua dipasok dari luar daerah. Tapi syukur stok aman hingga Lebaran,” ujarnya. (*)