Jumat, 29 Maret 2024

Badai Tornado Kejutkan Warga Singapura

Berita Terkait

batampos.co.id – Beberapa penduduk Singapura dikejutkan oleh fenomena alam, badai tornado, Sabtu (11/5) kemarin. Badai tornado atau puting beliung ini terjadi akibat intensitas petir yang tinggi disertai angin kencang sehingga membentuk kolom-kolom air tersedot ke awan.

Beberapa pengguna media sosial di Negara Singa ini mengambil video dan foto pemandangan itu dan memposting-nya secara online. Salah satunya Grace Ng, warga yang tinggal di kondominium 76 Shenton, menga-takan, dia melihat puting beliung sekitar pukul 9 pagi.

”Awalnya puting beliung sangat lemah, dan ia terus menghilang dan muncul kembali. Tetapi semakin dekat dan kemudian membesar. Jadi, kami berhasil mengambil bidikan yang baik ketika langit sangat cerah,” katanya.

Puting beliung melemah ketika mencapai pantai, dan menghilang beberapa menit setelah itu, tambahnya.

Semuanya berlangsung sekitar 15 hingga 20 menit, kata Ng, hujan mulai turun setelah puting beliung menghilang.

Demikian halnya dengan David Johnson dan istrinya Teri Caldwell. Seperti dilansir dari Channel News Asia kemarin, David menyebutkan, melihat puting beliung dari rumah mereka di Newton GEMS sekitar pukul 8.45 pagi.

”Ada awan gelap tetapi tidak ada angin kencang atau hujan pada saat itu,” kata Johnson.

Johnson menambahkan, sekitar 30 menit setelah dia melihat puting beliung, hujan mulai turun.

Badan Lingkungan Nasional mengatakan, sekitar tiga kejadian puting beliung di atas perairan Singapura di-laporkan setiap tahun.

Pada Januari tahun lalu, puting beliung di lepas pantai timur Singapura menyebabkan angin kencang dan me-ngirim kapal dan tempat sampah terbang di kawasan East Coast Park. (cha)

Update