Kapal Bukit Raya. foto : batampos

batampos.co.id – Kapal Pelni KM Bukti Raya hingga saat ini masih proses docking, sehingga belum bisa melayani rute ke Natuna. Kapal ini masuk perbaikan sejak bulan lalu. Kondisi tersebut menye-babkan arus mudik bakal terganggu.

Kepala Dinas Perhubungan Pemkab Natuna Iskandar Dj mengatakan, meski kapal Pelni KM Bukit Raya belum beroperasi, Pemkab berupaya arus mudik Lebaran 2019 tidak terhambat.

Saat ini, pihaknya sudah berkoordinasi dengan PT Pelni terkait transportasi laut terutama saat arus mudik Lebaran. Pihak Pelni sudah menjadwalkan KM Bukit Raya akan beroperasi melayani pemudik.

Dikatakan Iskandar, pihak Pelni harus memesan suku cadang mesinnya ke Jerman, sehingga memerlukan waktu untuk memperbaiki mesinnya.

”Menurut keterangan dari direksi armada Pelni, rencananya mulai 15 Mei ini Bukit Raya mulai beroperasi,” katanya, Jumat (10/5).

Iskandar mengatakan, pihaknya terus berkoodinasi dengan Kementerian Perhubungan dalam mengantisipasi lonjakan penumpang. Direncanakan pemerintah akan menambah kapal perintis untuk rute Natuna.

”Sekarang sudah ada tiga kapal perintis melayani rute ke Natuna. Pemerintah akan menambah KM Sabuk Nusantara 83 melayani arus mudik dan seterusnya tahun ini,” bebernya.

Selain antisipasi jalur laut, Pemkab juga akan berkoordinasi dengan pihak TNI AU jika terjadi lonjakan penumpang pesawat. Jika dibutuhkan akan melibatkan pesawat TNI untuk mengangkut penumpang rute Natuna.

”Sekarang dua maskapai melayani seperti biasa dengan tujuan Batam-Natuna. Sementara tujuan ke Tanjungpinang sudah ditutup,” ujarnya. (arn)