foto: batampos.co.id / yulitavia

batampos.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batam telah merampungkan rekapitulasi 11 kecamatan. Ada banyak nota keberatan dan tidak terima hasil rekapitulasi yang disampaikan saksi dari partai politik.

Ketua KPU Batam, Syahrul Huda mengatakan terkait ada temuan dari saksi yang ada di lapangan silahkan diajukan nota keberatan. Jika menemukan kesalahan dan itu ada buktinya ada prosedur hukum yang bisa ditempuh.

“Kalau menurut saksi, kami salah dan ada buktinya silahkan saja mengajukan hingga ke tingkat MK. Kami akan terima dan siap bertanggung jawab atas apa yang kami lakukan,” tegasnya.

Untuk Sagulung, masih ada empat TPS lagi yang harus diselesaikan. Tujuh panel disiapkan untuk menggesa penghitungan dan satu panel untuk sinkronisasi.

“Mungkin Subuh nanti selesai dan besok bisa selesai,” sebutnya.

Rapat pleno ini ditutup dan dibuka kembali, Minggu (12/5). Setelah menyelesaikan Sagulung dan diplenokan di tingkat kota. Selanjutnya pukul 14.00 WIB hasil tersebut langsung dibawa ke tingkat provinsi.

Ketua Bawaslu, Syailendra Reza mengatakan di lima kecamatan DPT, DPK dan pemilih disabilitas banyak perbedaan. Apakah ini karena faktor kelelahan atau lainnya itu menjadi catatan tersendiri bagi Bawaslu Batam dan akan diteruskan ke pusat.

“Kalau soal perolehan kami tidak terlalu perhatikan. Tapi temuan perbedaan selama pleno akan menjadi catatan bagi kami,” kata dia. (yui)