ilustrasi

batampos.co.id – Sejumlah wilayah yang termasuk dalam wewenang Pemerintahan Kabupaten Lingga, saat ini masih banyak yang belum mendapatkan pelayanan telekomunikasi dengan baik. Salah satunya Desa Berhala, Kecamatan Singkep Selatan.

Desa tersebut belum menikmati jaringan telepon dengan baik, terlebih jaringan 4G.
Untuk mendapatkan sinyal yang bagus, warga di Desa Berhala yang terdiri dari Dusun Pulau Lalang dan Dusun Pulau Berhala harus mencari lokasi yang tepat untuk dapat menelepon dan berkirim pesan singkat. Biasanya warga harus menuju pantai dan lokasi tertentu.

“Yang pasti mereka tidak dapat menelepon jika berada dalam desa mereka, sehingga harus keluar menuju pantai,” kata Camat Singkep Selatan Sabirin ketika ditemui di Dabo Singkep, Jumat (10/5) pagi.


Warga Pulau Lalang, saat ini mendapatkan sinyal hantaran dari Desa Kebun Nyiur yang berjarak puluhan kilometer dan dipisahkan lautan, jika cuaca buruk melanda mereka bakal tidak mendapat signal dengan baik.

Yang lebih memprihatinkan lagi, warga di Pulau Berhala mengharapkan hantaran sinyal dari Tanjungjabung Timur, Provinsi Jambi.

Hantaran sinyal itu hanya bisa menelepon dan SMS. Masyarakat di desa tersebut dipastikan tidak dapat mengi-rim data ataupun mengakses internet dengan jaringan 4G seperti yang dinikmati masyarakat lainnya.

Padahal, sambung Sabirin, kawasan Desa Berhala seper-ti diketahui, adalah kawasan andalan wisata bagi Pemerintah Kabupaten Lingga. Di-rinya sangat menyayangkan kondisi ini karena dapat menghambat laju perkembangan daerah itu.

“Padahal pemerintah pusat tengah fokus dalam hal pemenuhan kebutuhan telekomunikasi bagi masyarakat, sayang jika tidak dimanfaatkan,” kata Sabirin.

Selain dua desa, banyak desa lainnya di Lingga yang belum menikmati layanan telekomunikasi dengan baik. Sehingga aktivitas warga terhambat akibat kekurangan layanan tersebut. (wsa)

Loading...