batampos.co.id – Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemkab Natuna Hardinansyah mengatakan, pemerintah akan menggelar Festival Ramadan dengan menggandeng ormas Ikatan Keluarga Kalimantan Barat (IKKB).

”Jadwal kegiatannya pekan depan, yakni Sabtu (18/5) di Pantai Kencana, Ranai, bertepatan dengan 13 Ramadan 1440 Hijriah,” kata Hardinansyah, Kamis (9/5).

Festival ini untuk menyemarakkan Ramadan 2019. Festival dibagi dua, yakni Festival Musik Ramadan dan Festival Lampu Colok. Panitia sudah membuka pendaftar melalui sektretariat IKKB. Peserta yang juara Festival Musik Ramadan didaulat berkeliling membangunkan warga saat sahur.


Sementara Festival Lampu Colok rencananya akan dilaksanakan bertepatan dengan malam takbiran Idul Fitri 1440 Hijriah.

”Festival Lampu Colok juga digelar di Pantai Kencana, Ranai. Tepatnya malam Idul Fitri,” ujar Hardinansyah.

Namun, dalam Festival Lampu Colok ini, panitia membatasi jumlah peserta mengingat lokasi Pantai Kencana yang terbatas untuk menampung jumlah masyarakat.

”Festival Lampu Colok ditargetkan 14 tim sebagai peserta, karena lokasi tidak luas. Peserta harus membuat lampu colok menjadi aneka bentuk misalnya miniatur masjid,” jelasnya.

Festival Musik Ramadan dan Festival Lampu Colok kata Hardinansyah, terbuka untuk umum. Dalam Festival Ramadan panitia menyiapkan hadiah berupa uang tunai senilai Rp 10 juta untuk Festival Musik Ramadan dan Rp 7,5 juta untuk Festival Lampu Colok. (arn)

Loading...