Sabtu, 20 April 2024

Berpuasa Ditemani 9 ribu buku di Masjid Jabal Arafah

Berita Terkait

Devi, pengunjung Masjid Jabal Arafah membaca salah satu buku koleksi yang dimiliki perpustakaan tersebut. Foto: she/batampos.co.id

batampos.co.id – Masjid Jabal Arafah merupakan salah satu tempat ibadah kebanggaan umat muslim di Kota Batam, Provinsi Kepuluan Riau. Masjid yang berjarak selemparan batu dari pusat perbelanjaan di Kota Batam ini, ternyata memiliki perpustakaan dengan 9 ribu koleksi buku.

Bagi Anda yang berkesempatan datang ke sana, batampos.co.id merekomendasikan Anda untuk mengunjung perpustakaan yang berada di lantai satu masjid tersebut sembari menunggu waktu berbuka puasa. Di dalam perpustakaan yang diperkirakan memiliki luas 10×10 meter persegi ini, pengunjung dapat dengan leluasa membaca buku.

Buku-buku di masjid tersebut tidak hanya mengenai agama, tapi ada juga buku umum seperti psikologi, biografi bahkan novel yang pasti akan membuat Anda semakin betah berada di sana untuk menemani Anda sembari menunggu jam berbuka puasa.

“Ada sembilan ribu buku yang bisa dipilih, tapi buku tak bisa dibawa pulang, hanya bisa dibaca di tempat, ” ujar Nadia, karyawan Perpustakaan Masjid Jabal Arafah, kepada batampos.co.id, Selasa (14/5/2019).

Menurut dia, sebagian buku-buku itu merupakan hibah dari beberapa pihak swasta. Meski sudah memiliki koleksi sembilan ribu buku, pihaknya masih menerima hibah buku apa saja untuk diletak di perpustakaan.

“Kami juga baru dapat penghargaan perpustakaan umum tiga terbaik nasional, ” terang wanita berhijab itu.

Tidka hanya itu, pengunjung juga dapat berinternet ria di perpustakaan tersebut. Ada lima komputer yang disiapkan dan dapat digunakan gratis oleh pengunjung selama perpustakaan buka.

“Kami buka dari jam 9 pagi sampai jam 8 malam. Tiap hari buka, kecuali hari raya, ” imbuh Nadia. Selama Ramadan, lanjutnya jumlah pengunjung ke perpustakaan masjid Jabal Arafah meningkat drastis.

Jika hari biasanya hanya didatangi 30 pengunjung, namun sejak Ramadan jumlahnya naik tiga kali lipat. “Sekarnag hampir 100 pengunjung per hari dan biasanya ramai jelang berbuka, ” ujar Nadia.

Para pengunjung Masjid Jabal Arafah juga akan mendapatkan makanan berbuka puasa gratis dari pengurus. “Di sini disediakan takjil 300 sampai 500 porsi, kalau akhir pekan jumlahnya bisa sampai 700 porsi,” pungkas Nadia.(she)

Update