foto: batampos.co.id / bobi bani

batampos.co.id – Berkah bulan suci Ramadan menyebar ke pedagang atau penyedia jajanan jelang berbuka puasa. Hadirnya bazar Ramadan yang selalu ramai didatangi masyarakat untuk berburu takjil, membuat pendapatan para pedagang mengalami peningkatan, padahal waktu berdagang mereka terhitung cukup singkat.

Hal itu diakui Situ Nuratika, salah satu pedagang yang membuka lapaknya di lokasi lokasi bazar Wonderfood di kawasan Dataran Madani, Batam Centre, Batam. Wanita yang baru berusia 20 tahun ini menjelaskan, biasanya ia berjualan dengan membuka lapaknya di depan rumahnya dan secara online. Saat itu, Handmade Dim Sum dagangannya laris di beberapa hari saja dalam seminggu. Sementara beberapa hari lain cenderung standar dan terkadang hanya menutupi modal yang dikeluarkan.

Saat ikut berjualan di Bazar Ramadan Wonderfood di depan toko perlengkapan belajar ini, hasil dagangannya mengalami peningkatan cukup signifikan. Selama berjualan sekitar tiga hari lamanya, seluruh dagangannya selalu habis terjual.


“Mulai Sabtu (11/5/2019) jualan selalu habis, rata-rata terjual lebih dari 50 bungkus. Kalau di rumah Cuma setiap hari Jumat saja yang banyak karena saya buat diskon,” kata Tika sapaan akrabnya ketika ditemui di lapaknya pada Selasa (14/5/2019) malam.

Saat ini, lanjut wanita yang duduk di semester enam jurusan Manajemen Bisnis di Kampus Ibnu Sina, Batam ini, ia bisa menghasilkan omset sekitar Rp 500 ribu setiap harinya dari berdagang di bazar yang dibuat oleh Pemerintah Kota (Pemko) Batam ini. Akan tetapi, Tika juga menjelaskan bahwa kondisi cuaca juga berpengaruh pada tingkat penjualan.

Seperti yang terjadi pada Selasa (14/5/2019), dimana hujan deras yang mengguyur kawasan Batam Centre dan sekitarnya menyebabkan jumlah pengunjung bazar menjadi berkurang. Imbasnya dagangan miliknya tidak semuanya terjual. Padahal saat cuaca cerah Dim Sum dengan berbagai varian rasa miliknya tersebut selalu habis beberapa saat setelah momen berbuka puasa.

Meskipun demikian, hal tersebut tidak lantas membuatnya ciut, ia mengaku akan tetap berjualan seperti biasanya hingga nantinya bazar ini selesai. (bbi)

Loading...