Jumat, 19 April 2024

Yang Harus Anda Ketahui saat Mengangkut Jenazah via Pesawat

Berita Terkait

batampos.co.id – Kala berduka ditinggal salah satu anggota kesedian pun melanda. Kesibukan pun meningkat apalagi saat harus membawa jenazah ke kampung halaman melalui jasa kargo pesawat.

Berikut yang harus Anda ketahui.

Ada beberapa dokumen yang harus dilengkapi untuk mengirimkan jenazah ke luar daerah. Selain itu, ada proses-proses yang harus dilalui. Sehingga untuk mengirimkan jenazah ke luar Batam, setidaknya keluarga atau pendamping jenazah melaporkan ke pihak kargo 3 jam sebelum keberangkatan.

“Tidak bisa satu jam sebelum keberangkatan,” kata Chief Kargo Lion Air Batam, Rudianto, Kamis (16/5).

Rudianto mengatakan bahwa ada 3 dokumen yang harus dilengkapi oleh pihak keluarga, untuk mengirimkan jenazah ke luar daerah. Dan dokumen ini haruslah lengkap.

  • Surat keterangan kematian dari Rumah Sakit,
  • Surat Karantina yang menyatakan jenazah meninggal bukan karena penyakit menular,
  • Surat keterangan dari kepolisian yang menyetakan jenazah ini meninggal tidak terlibat dari kasus (pidana)

Karena apabila ada satu dokumen yang kurang, tentunya akan menyulitkan pengiriman ke luar daerah.

ilustrasi

Setelah melengkapi 3 dokumen ini. Pihak keluarga, bisa mendatangi pihak kargo, untuk melaporkan akan adanya pengiriman jenazah.

“Sekali lagi saya ingatkan, pelaporan ini minimal 3 jam sebelum keberangkatan,” ucapnya.

Rudi mengaku jenazah menjadi prioritas maskapai, untuk segera diberangkatkan. Apabila laporan pengiriman jenazah diterima 3 jam sebelum keberangkatan,
namun ternyata barang yang diangkakut penuh.

“Kami bisa menurunkan barang paket dulu. Memprioritaskan jenazah ini, asalkan dokumen lengkap dan memberitahu ke kami beberapa jam sebelumnya,” ucapnya.

Ia mengatakan pihak kargo tidak pernah menyulitkan masyarakat untuk mengirimkan jenazah.

“Ini bentuk rasa sosial kami, jadi tidak pernah kami sia-siakan. Tapi kalau keluarganya datang satu jam sebelum berangkat, inilah membuat kami sulit mengirimkan jenazah. Akibatnya kadang jenazah terpaksa dikirimkan di penerbangan selanjutnya,” tuturnya.

“Jadi saya harap, dan saya tekankan lagi. Apabila ada mengirimkan jenazah, tolong laporkan ke kami 3 jam sebelum keberangkatan. Membantu menerbangankan
jenazah bentuk tanggungjawab sosial kami. Tapi ada proses dan aturan yang harus diikuti,” ucapnya.

Rudi mengatakan kadang banyak masyarakat yang datang, lalu merasa jenazah bisa diantar begitu saja.

“Kan ada proses, aturan. Dan juga harus menyesuaikan dengan jumlah barang yang bisa diangkut. Apabila ikuti aturannya, tidak akan dipersulit. Semuanya bisa berjalan lancar,” pungkasnya. (ska)

Update