batampos.co.id – Proyek pengerjaan gorong-gorong atau pelintas air dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sudah mulai dikerjakan di badan Jalan Letjend R Suprapto tepatnya depan Pasar Melayu, Batuaji, Jumat (17/5). Pembangunan ini merupakan upaya untuk mengatasi banjir di lokasi tersebut.

Pantauan Batam Pos di lokasi terlihat sejumlah pekerja dan alat berat sudah mulai mengeruk lahan yang akan dijadikan pelintas air. Lokasi tempat peletakan box culvert juga sudah digali di bagian kiri badan jalan.



Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Batam Yumasnur mengatakan, pembangunan gorong-gorong dan box culvert ini sudah dimulai beberapa minggu lalu. Proses pengerjaan untuk saat ini fokus di bagian gorong-gorong di sebelah kiri badan jalan.

Kendaraan berjalan perlahan di Jalan R Suprapto, depan Pasar Melayu, Batuaji, karena adanya proyek pembangunan pelintas air untuk mengurai banjir, Jumat (17/5).
Foto: batampos.co.id / Dalil Harahap

”Untuk normalisasi drainase juga akan dilakukan di lokasi area Pasar Melayu. Namun, akan dilakukan bertahap,” tuturnya.

Ia menambahkan, pemba-ngunan gorong-gorong dari sebuah box culvert ini bertujuan untuk mengantisipasi banjir di Jalan Letjend R Suprapto, depan Pasar Melayu, Batuaji. Sebab, kecilnya ukuran gorong-gorong di lokasi tersebut berakibat banjir ketika hujan turun deras. Sehingga, mengakibatkan banjir atau genangan air.

Banjir yang kerap melanda daerah tersebut juga mengakibatkan arus kendaraan melambat. Karena, sejumlah pengendara roda dua dan empat ada yang tidak bisa melewati lokasi banjir, khususnya pengendara roda dua.

”Maka dari itu untuk mengantisipasi agar banjir tidak berkelanjutan di lokasi tersebut, kita membangun gorong-gorong dan sebuah box culvert di lokasi,” pungkasnya. (cr1)

Loading...