Jumat, 19 April 2024

Bandara Hang Nadim Siaga Cacar Monyet

Berita Terkait

batampos.co.id – Meski tidak memiliki jadwal penerbangan langsung dari Kota Batam ke  Singapura, otoritas Bandara Internasional Hang Nadim Kota Batam tetap mewaspadai ancaman virus monkeypox atau cacar monyet.

Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim Batam, Suwarso, menjelaskan, pihaknya tetap menyiagakan alat kesehatan pendeteksi penyakit tersebut. Jika sewaktu-waktu ada penumpang yang terindikasi mengidap virus ini, maka petugas akan segera mengambil tindakan pemeriksaan.

“Dari sini rute internasional ada ke Malaysia, Singapura tidak ada, tapi bila ada penumpang yang dicurigai kita sudah siap untuk monitor,” kata Suwarso ketika dihubungi pada Sabtu (18/5/2019).

Pemeriksaan suhu tubuh di SFT Sekupang tahun 2016 lalu. Ini merupakan langkah dalam mencegah masuknya penyakit dari luar ke Batam. Foto: batampos.co.id / Yulitavia

Sejauh ini, Suwarso menuturkan, belum ada penumpang di Bandara Internasional Hang Nadim teridentifikasi monkeypox. Hal itu lanjutnya, berdasarkan laporan dari petugas kesehatan di bandara maupun kantor kesehatan pelabuhan (KKP).

“Sampai saat ini memang belum ada, tapi kita tetap waspada,” kata Suwarso lagi. Senada dengan Suwarso, sebelumnya kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, Didi Kusumarjadi mengatakan bahwa pihaknya sudah mengingatkan puskesmas dan rumah sakit akan ancaman virus ini.

Pihaknya bahkan sudah menyiapkan ruang isolasi di RSUD Embung Fatimah dan RSBP untuk menangani jika ada warga yang terinfeksi virus tersebut.(bbi)

Update