batampos.co.id – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan melelang barang rampasan terpidana kasus korupsi dan pencucian uang mantan Bupati Bangkalan, Fuad Amin Imron. yang mencapai Rp 63,28 miliar terdiri atas barang bergerak dan barang tidak bergerak.

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, menyampaikan jumlah barang rampasan dari Fuad Amin yang akan dilelang instansinya sebanyak 14 objek lelang. ”Barang yang dilelang mulai dari tanah, rumah, apartemen, dan sepada motor,” terang Jumat (17/5/2019)

Febri mengatakan, dari total Rp 63,28 miliar barang yang dilelang, objek lelang dengan nilai paling tinggi adalah tanah dan bangunan seluas 2.345 meter persegi. Objek lelang tersebut berupa rumah dua lantai yang beralamat di Jalan Cipinang Campedak II, Kelurahan Cipinang Campedak, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur.

Berdasar data dari KPK, objek lelang itu tercatat atas nama H. Kusnadi. ”Dengan nilai limit Rp 33,63 miliar,” ungkap Febri. Lantaran sudah lama kosong, rumah tersebut tampak kurang terurus. Namun demikian, nilainya tetap besar. Selain luas, letak rumah itu juga turut berpengaruh.

Mantan Bupati Bangkalan, Fuad Amin Imron, usai diperiksa penyidik KPK, beberapa waktu lalu. KPK bakal melelang barang rampasan Fuad Ali Imran yang mencapai Rp 63,28 miliar. Foto: Hendra Eka/jawa pos

Di samping rumah tersebut, 13 objek lelang barang rampasan dari Fuad Amin terdiri atas sembilan apartemen, tiga bidang tanah, dan satu unit sepeda motor. Febri menjelaskan bahwa seluruh objek lelang tersebut dilelang lewat Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jakarta III.

Dengan metode penawaran lelang secara online. ”Tanpa kehadiran peserta lelang dengan menggunakan aplikasi lelang via internet,” imbuhnya. Mantan Aktivis Indonesia Corruption Watch (ICW) itu menyebutkan, laman website yang bisa diakses oleh peserta lelang adalah https://lelang.go.id.

Dia pun mengungkapkan bahwa lelang dibuka sejak pengumuman disampaikan oleh dirinya kemarin sampai akhir bulan ini. ”Dengan penutupan penawaran lelang pada hari Selasa, 28 Mei 2019 pukul 11.00 waktu server aplikasi lelang,” bebernya.
Untuk melihat objek lelang secara detail, KPK sudah memajang semua objek lelang di website mereka.

Yakni www.kpk.go.id. Sebelum membuka lelang barang rampasan dari Fuad Amin kemarin, lembaga antirasuah sudah melelang barang rampasan dari Fuad Amin lainnya. Yakni barang rampasan yang ada di Surabaya, Jawa Timur. Dari total delapan objek lelang, tiga di antaranya laku terjual. (syn)