Selasa, 23 April 2024

Jelang Mudik, Hang Nadim Tingkatkan Pengawasan

Berita Terkait

foto: batampos.co.id / cecep mulyana

batampos.co.id – Musim mudik Idul Fitri telah dekat. Bandara Internasional Hang Nadim pun berbenah diri. Tidak hanya meningkatkan pelayanan, Hang Nadim juga memperketat pengawasan dan pengamanan.

Karena tidak ingin ada oknum-oknum penumpang yang memanfaatkan mudik lebaran, untuk menyelundupkan barang-barang ilegal seperti sabu.

“Kemampuan Avsec di Hang Nadim sudah kami tingkatkan. Dari 24 tenaga avsec level basic, telah menjalani pelatihan dan naik menjadi level senior,” kata Direktur Badan Usaha Bandar Udara Hang Nadim, Suwarso, Rabu (15/5).

Tenaga-tenaga avsec yang usai menjalani pelatihan ini, akan ditempatkan dibeberapa titik vital Bandara Hang Nadim, salah satunya di Security Check Point pertama dan kedua. “X Ray dalam kondisi baik,” ucapnya.

Saat musim mudik nanti, kata Suwarso akan diterapkan sistem buka dua pintu masuk. Hal ini untuk memudahkan masyarakat masuk ke terminal keberangkatan Hang Nadim. Selain itu, juga memecah tumpukan penumpang.

“Kalau kami buka satu pintu masuk, akan terjadi penumpukan. Jadi kami buka dua pintu. Setiap satu pintu dijaga sebanyak 12 orang avsec, mulai dari pintu masuk, depan walkthought, pengamatan X Ray hingga pemeriksaan manual,” tuturnya.

Untuk memberikan pengawasan dan pengamanan optimal. Suwarso mengatakan penumpang yang mengantri di depan SCP pertama, 5 hingga 10 orang. “Petugas juga akan memilah, dugaan bawaan penumpang yang diduga memiliki potensi menyelundupkan barang ilegal. Apabila ada dugaan itu, kami melakukan pemeriksaan manual,” ungkapnya.

Di sekitaran kawasan SCP pertama, tidak hanya ditempatkan 12 orang Avsec saja. Tapi juga beberapa petugas yang patroli. “Ada patroli pengamanan dalam dan luar bandara,” tutur Suwarso.

Nantinya, di H-7 hingga H+7 lebaran didirikan dua posko. Satu posko gabungan pengamanan yang terletak di luar terminal. “Satu lagi posko pengamatan yang berada di dalam terminal. Posko untuk melakukan pencatatan penumpang yang datang dan berangkat,” ujarnya.

Suwarso mengatakan bahwa Bandara Hang Nadim telah siap menyambut para pemudik Idul Fitri 1440 Hijriah. (ska)

Update