Selasa, 23 April 2024

Parkir Liar Kembali Dikeluhkan Warga

Berita Terkait

batampos.co.id – Tim Satuan Sapu Bersih (Saber) Pungutan Liar (Pungli) Kota Batam beberapa waktu yang lalu mengamankan tiga juru parkir (jukir) liar di kawasan Jembatan I Barelang dan Pelabuhan Sekupang. Meski sudah sering dilakukan penindakan, jukir liar ini kembali beraktivitas memungut uang parkir.

Ketua Saber Pungli Kota Batam AKBP Mudji Supriadi menegaskan, pihaknya tidak akan pernah berhenti dalam melakukan penindakan setiap adanya dugaan pungli di Kota Batam. Termasuk pungli dalam bentuk kegiatan parkir yang sudah sering menjadi keluhan masyarakat di kawasan bebas parkir.

“Anggota kita sudah disebarkan di lapangan untuk mencari adanya informasi pungli dalam bentuk apapun. Jika kita temukan, langsung kita sikat,” tegas pria yang juga menjabat sebagai Wakapolresta Barelang ini.

Ia meminta kepada Masyarakat untuk berperan aktif dalam melaporkan adanya kegiatan pungli dalam bentuk apapun. Sebab, peran aktif masyarakat ikut mensukseskan kerja Tim Saber Pungli kedepannya. Masyarakat dapat melaporkan dugaan yang ditemukan ke beberapa wadah, seperti situs internet, telepon, dan pesan singkat.

Kepada masyarakat yang melapor, tentunya Tim Saber Pungli akan merahasiakan identitas masyarakat yang melapor tersebut. Hotline pelayanan pengaduan adanya dugaan penyelewengan dapat menghubungi 0812 8412 610 atau 0812 7569 2001, yang berkedudukan di Satreskrim Polresta Barelang dan dioperasikan oleh anggota Cyber Pungli Kota Batam.

“Kalau ada masyarakat yang menjadi korban pungli atau mengetahui adanya praktik pungli, silahkan menghubungi nomor hape saya atau nomor anggota tim saber pungli dan kita akan langsung bergerak untuk melakukan penyelidikan,” katanya.

Mudji menambahkan, selama ini Tim Saber Pungli melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) berdasarkan hasil penyelidikan anggota Tim Saber Pungli di lapangan. Partisipasi masyarakat tak hanya dapat membantu pekerjaan Satgas Saber Pungli. Tapi, juga dapat memberikan pengawasan menyeluruh terhadap pelayanan publik di Kota Batam. (gie)

Update