ilustrasi
foto: batampos.co.id / dalil harahap

batampos.co.id – Sejumlah warga mengeluhkan aktifitas juru parkir (Jukir) yang berlangsung hingga tengah malam. Banyaknya jukir yang masih memungut parkir hingga tengah malam dapat terlihat di kawasan Nagoya, Batuaji dan Sagulung. Bahkan mereka masih menggunakan atribut jukir seperti seragam orange biru.

“Ini karena kurang pengawasan Dinas Perhubungan (Dishub). Makannya masih berkeliaran sampai tengah malam begini,” ujar Yanto seorang warga.

Dia mengatakan para jukir itu biasanya mangkal di dekat tempat makan dan ATM. Ia pun meminta agar pihak terkait atau Dishub Kota Batam dapat menindak. Jangan sampai jukir hingga tengah malam itu terus meresahkan warga.

Kepala Dinas Perhubungan Batam, Rustam Effendi tak menampik bahwa ada oknum jukir yang masih beraktivitas antara pukul 23.00 WIB hingga pukul 02.00 WIB.

“Sesuai dengan peraturan aktivitas jukir dimulai pukul 06.00 WIB hingga┬á 22.00 WIB. Kalau ada di atas jam itu laporkan saja,” ujar Rustam.

Dia mengatakan jika razia jukir yang beraktivitas sampai tengah malam dilakukan hampir setiap minggu. “Bersama dengan Tim Terpadu kami keliling dan kami amankan jukir yang beraktivitas sampai tengah malam,” kata Rustam.

Selama ini, lanjut Rustam memang banyak menerima keluhan masyarakat tentang aktivitas jukir sampai larut malam. Sementara terkait keluhan banyaknya jukir dalam satu lokasi, Rustam mengaku tergantung ramainya lokasi tersebut. “Kalau tempatnya ramai bisa dua atau tiga, kalau sepi satu aja cukup,” jelasnya.

Adapun jumlah jukir di Kota Batam yang tertera dalam Surat Keputusan yakni 652 orang. Tersebar di 550 titik parkir di seluruh wilayah Kota Batam. (une)