Rabu, 24 April 2024

Tagihan Listrik Anda Membengkak? Ikuti Langkah Ini Agar Lebih Hemat

Berita Terkait

Dewan Sepakat Revisi UU Pemilu

Sikap PDIP Tunggu Rakernas

JIKA terlalu boros mengeluarkan uang untuk tagihan listrik Anda, cobalah introspeksi diri dalam hal penggunaan alat-alat elektronik di rumah. Selain bisa menghemat uang, menghemat energi listrik juga bisa ikut menyelamatkan lingkungan.

hal itu bisa Anda mulai dari melakukan perawatan barang elektronik secara berkala agar lebih efisien dan tidak cepat membeli lagi yang baru. Dilansir dari Fresh Home, Senin (20/5/2019), ada berbagai cara untuk bisa menghemat energi listrik di rumah.

1. Optimalkan Fungsi AC

Langkah pertama yang harus diambil setiap pemilik rumah adalah menjaga sistem AC dalam kondisi yang baik. Cara termudah untuk melakukan itu adalah melakukan upaya untuk mengikuti jadwal perawatan AC. Misalnya harus mencuci atau membersihkan AC, isi freon, atau perawatan berkala.

Bisa dengan memanggil tukang atau teknisi untuk melakukan pemeriksaan berkala. Kedua, pastikan selalu mengganti filter udara secara teratur. Sehingga AC tak terlalu cepat menyedot listrik, meskipun suhu rendah sudah membuat ruangan cepat dingin.

Optimalkan penggunaan AC agar tak menyedot listrik lebih banyak. (Pinterest)

2. Perbaiki Kebocoran

Cek tukang bangunan untuk menutup celah dan segala kebocoran atap. Sehingga bisa menghemat biaya di kemudian hari dengan mencegah kerusakan sejak dini. Lalu perbaiki juga berbagai celah-celah yang terbuka, sehingga udara AC di dalam rumah tak mudah ke luar.

3. Gunakan Kipas Angin

Meskipun tampak sederhana, salah satu cara termudah agar tetap dingin atau menghemat penggunaan AC adalah dengan kipas angin di langit-langit. Menggunakan kipas di langit-langit memungkinkan mengatur suhu di dalam ruang dan bisa menghemat uang.

4. Hemat Energi Lampu

Hati-hati dengan lampu yang menghasilkan panas. Ternyata banyak lampu yang membuat udara menjadi panas. Maka agar lebih sejuk dan hemat energi, pilihlah lampu yang terbaik. Selain itu, peralatan seperti mesin cuci, mesin pencuci piring, dan oven juga bisa menjadi penyebab tagihan bengkak. Maka sebelum membelinya, pilihlah produk yang hemat energi.

Update